Usai Sertijab, Menteri Abdul Mu’ti Tur Kantor Ditjen Pendidikan Vokasi

Usai Sertijab, Menteri Abdul Mu’ti Tur Kantor Ditjen Pendidikan Vokasi



Jakarta, Ditjen Vokasi - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu'ti, melakukan kunjungan tur kantor ke Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Kunjungan ini menjadi bagian dari rangkaian acara Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) kepada tiga menteri baru yang berlangsung pada Senin (21-10-2024) siang. 


Pada sesi tur kantor tersebut, Menteri Abdul Mu'ti didampingi langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek (Suharti), Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Tatang Muttaqin), serta Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Saryadi). Sejumlah Direktur yang ada di jajaran Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, seperti Direktur SMK (Muhammad Yusro) dan Direktur Kursus dan Pelatihan (Nahdiana) juga turut menyambut kedatangan menteri baru tersebut.


Di Kantor Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang berada di lantai 3, Gedung E, Kompleks Kemendikbudristek tersebut, Menteri Abdul Mu'ti menyempatkan diri untuk berkeliling dan menyapa para pegawai di lingkungan Ditjen Pendidikan Vokasi. Menteri Abdul Mu'ti bahkan sempat berinteraksi dengan siswa SMK yang sedang melakukan praktik magang kerja di Ditjen Pendidikan Vokasi. 




Pada kesempatan tersebut, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Tatang Muttaqin, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan selamat datang kepada Menteri Abdul Mu’ti di Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Tatang mengatakan bahwa segenap keluarga besar Ditjen Pendidikan Vokasi akan siap mendukung kepemimpinan Menteri Abdul Mu'ti dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing melalui pendidikan vokasi. 


Sebagai informasi, Abdul Mu'ti sendiri dilantik sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah oleh Presiden Prabowo Subianto pada Senin (21-10-2024) pagi di Istana Negara. Usai dilantik presiden, Abdul Mu'ti dan dua menteri lainnya, yakni Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Satryo Soemantri Brodjonegoro, dan Menteri Kebudayaan, Fadli Zon, kemudian menghadiri acara serah terima jabatan dan pisah sambut yang digelar di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta.


Dalam kesempatan tersebut, Mendikbudristek periode 2019—2024, Nadiem Anwar Makarim, berpamitan dan menyerahkan amanah besar untuk mengabdi pada bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi kepada para pemimpin yang baru tersebut. Nadiem juga  menyerahkan buku memori jabatan selama lima tahun menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi periode 2019—2024 pada masing-masing menteri.




Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu'ti, mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah memiliki peran strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Oleh karena itu, Abdul Mu'ti mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah untuk bersungguh-sungguh dalam mengembangkan sumber daya manusia Indonesia melalui Pendidikan Dasar dan Menengah yang berkualitas. 


"Mudah-mudahan kita bisa bersinergi untuk kemajuan Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Abdul Mu'ti. (Nan/Cecep)