Unggulkan Kearifan Lokal, SMKN 1 Pacet Sukses Kembangkan Agro-Eko-Eduwisata Menarik di Cianjur

Unggulkan Kearifan Lokal, SMKN 1 Pacet Sukses Kembangkan Agro-Eko-Eduwisata Menarik di Cianjur

Cianjur, Ditjen Vokasi -  Dengan kearifan dan keunggulan lokal sebagai pondasi, SMKN 1 Pacet, Cianjur, Jawa Barat menorehkan sebuah inovasi melalui pendekatan agro eko eduwisata. Program ini tidak hanya berhasil mereformasi sekolah sebagai pusat pembelajaran, tetapi juga mengubahnya menjadi destinasi wisata edukatif. Inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sekaligus memberikan pemahaman tentang keberagaman alam dan keberlanjutan lingkungan.

Program Agro Eko Eduwisata merupakan kolaborasi unik sektor pertanian dan pariwisata, yang merupakan integrasi dari berbagai konsentrasi keahlian di SMKN 1 Pacet. Integrasi tersebut mengusung slogan "Don't Be Panic, Let's Go Picnic", sebagai upaya dalam menginspirasi dan menggambarkan komitmen SMKN 1 Pacet dalam menghadirkan pengalaman berwisata yang berkesan dan edukatif.


Yan Ahmad selaku  guru kejuruan Program Studi Usaha Layanan Pariwisata (ULP), SMKN 1 Pacet mengungkapkan bahwa upaya ini merupakan strategi untuk menciptakan tenaga terampil di bidang prioritas, seperti pertanian dan pariwisata.


“Dengan menerapkan model pembelajaran teaching factory (Tefa), siswa mendapatkan pengalaman diklat terkini untuk menghasilkan produk/jasa layanan yang dibutuhkan oleh pasar secara efektif, efisien, dan produktif,” jelas Ahmad.


Integrasi Konsentrasi Keahlian