Tingkatkan Skill di Bidang F&B, Pendapatan Julia Meningkat Berkat Program Pendidikan Kecakapan Kerja

Tingkatkan Skill di Bidang F&B, Pendapatan Julia Meningkat Berkat Program Pendidikan Kecakapan Kerja

Bangli, Ditjen Vokasi - Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) mempersiapkan lulusan untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan standar industri, termasuk di bidang boga. Program PKK ini pun dirasakan oleh gadis muda asal Bali, Dewa Ayu Julia Sinthawati. Ia mengikuti program PKK 2023 di LKP Bali International Tourism School (BITS).


Pesatnya pariwisata Bali dan minat yang tinggi di bidang boga membuat Julia menekuni bidang tersebut. Setelah lulus sekolah menengah, ia pun sudah mendapatkan pekerjaan. Namun, ia memutuskan untuk keluar karena ingin meningkatkan pendapatan.


“Saya resign dan kebetulan ada program PKK yang gratis di LKP BITS,” tutur Julia mengawali cerita


Julia menyadari untuk mendapatkan penghasilan yang lebih ada hal yang harus ditingkatkan, yaitu keterampilannya. Dengan kursus perhotelan, ia memperdalami berbagai ilmu di bidang tersebut, mulai dari housekeeping, food and beverage (F&B), bahkan front office. 


Julia mengungkapkan, “Saya mengikuti kursus ini, karena saya tertarik dengan program pembelajaran yang cepat dan lengkap.”


Program PKK merupakan salah satu program prioritas Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat). Program ini sangat berperan dalam menghadirkan tenaga kerja kompeten sesuai bidang sehingga mampu terserap kerja ke dunia kerja.


Penghasilan Naik Setelah Program PKK

Bagi Julia, yang membuat program PKK ini sangat ia senangi adalah karena ada kolaborasi antara LKP dan industri. Dalam pembelajaran, tak jarang LKP memfasilitasi ia dan 19 orang teman-temannya untuk mendapatkan pembelajaran berbasis industri.


“Materi di kitchen ataupun housekeeping ada yang diajarkan oleh industri. Jadi kita tahu, cara kerja di lapangan seperti apa,” ujar Julia.


Selain itu, melalui program PKK ini pula ia dapat disalurkan kerja setelah mengikuti pelatihan dan uji kompetensi. Hal tersebut sangat menjadi bekal untuk ia bisa terjun ke dunia kerja. LKP BITS sendiri bermitra dengan banyak resto dan hotel di Bali, mulai dari Eden Kuta Hotel, Gajah Putih Restaurant, House Of Om Ubud, dan lain-lain. 


“Sekarang saya kerja di Blackwood Bar & Kitchen Bangli sebagai Cook. Saya memiliki tanggung jawab di dapur dan menyajikan pesanan,” jelas Julia.


Dari pekerjaan baru itulah ia bisa meningkatkan penghasilan sekitar 30% dari pekerjaan sebelumnya dan lebih besar dari UMP Bali. Menurut Julia, di umurnya yang masih menginjak 19 tahun, ini adalah langkah awal yang bagus. Masih banyak mimpi dan pengalaman lain yang ingin ia kejar. ia pun berencana untuk melanjutkan pekerjaan di kapal pesiar.


“Saya menekuni bidang ini pula karena saya punya mimpi untuk membuat restoran untuk Ibu,” ungkap Julia tulus. (Zia/Cecep)