Tingkatkan Serapan Alumni di Industri, Polinema Hadirkan 24 Perusahaan Terkemuka Indonesia

Tingkatkan Serapan Alumni di Industri, Polinema Hadirkan 24 Perusahaan Terkemuka Indonesia

Malang, Ditjen Vokasi - Dalam rangka meningkatkan penyerapan alumni di industri, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menyelenggarakan kegiatan Rekrutmen Bersama yang melibatkan puluhan perusahaan papan atas di Indonesia. 


Kegiatan Rekrutmen Bersama dilakukan selama dua hari, 20–21 Maret 2023 di Aula Pertamina, Kampus Polinema. Sejumlah perusahaan milik negara seperti Pertamina dan BRI turut serta dalam kegiatan rekrutmen ini. Selain diikuti oleh sejumlah BUMN, perusahaan ternama lainnya yang ikut serta dalam kegiatan tersebut di antaranya seperti PT. Beiersdorf, PT Swadaya Graha, PT Bukit Makmur Mandiri Utama, PT Swapro International, dan sebagainya. 


Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Polinema, Ratih Indri Hapsari, dalam sambutannya saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan Rekrutmen Bersama merupakan upaya Polinema untuk meningkatkan serapan alumni Polinema di industri. Kegiatan ini dilaksanakan secara eksklusif sebanyak tiga kali dan satu kali akan dilaksanakan secara terbuka. 


“Target kegiatan ini adalah alumni dan mahasiswa tingkat akhir agar dapat bertemu secara langsung dengan industri yang membutuhkan,” kata Ratih.




Menurut Ratih, kegiatan ini tidak hanya untuk menjembatani lulusan dengan industri, melalui kegiatan tersebut Polinema juga ingin mendapat masukan-masukan dari industri dan membuka peluang-peluang kerja sama lainnya seperti magang kerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, Ratih berharap kegiatan Rekrutmen Bersama ini dapat dilakukan secara rutin. 


“Jadi, kami secara tidak langsung juga berkomunikasi dengan industri untuk mendapatkan masukan untuk keberlanjutan kerja sama dan membuka kesempatan magang,” kata Ratih. 


Pada kesempatan yang sama, Ratih juga mengatakan bahwa Polinema akan melakukan sosialisasi untuk event  pendampingan yang akan dilaksanakan dua bulan lagi bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha. “Melalui kegiatan dua hari ini, Polinema juga akan memberikan informasi bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan kompetensinya melalui beasiswa S-2 dan jalur non degree berupa pelatihan dan sertifikasi,” kata Ratih menambahkan. 


Sementara itu, Ketua Panitia Rekrutmen Bersama, Nain Dhaniarti Raharjo, mengatakan bahwa Rekrutmen Bersama ini diikuti oleh kurang lebih 1.600 alumni Polinema. Mereka merupakan lulusan mulai tahun 2019–2022. 


“Kami menghadirkan perusahaan yang mau menerima fresh graduate dan yang mau menerima internship mahasiswa tingkat akhir,” kata Nain.


Menurut Nain, para peserta yang ikut dalam kegiatan ini dapat mendaftar melalui google form. Selain itu peserta juga dapat mendaftar on the spot, sedangkan persyaratan akan tergantung dengan dari perusahaan.


“Untuk persyaratan batas umur pelamar karena pada umumnya batas usia maksimum pada rentang 27-30 tahun,” tuturnya. (Polinema/Nan/Cecep Somantri)