Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PNC Resmi Punya Gedung Baru

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PNC Resmi Punya Gedung Baru

Cilacap, Ditjen Vokasi - Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kiki Yuliati didampingi  Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaya meresmikan Gedung Teknologi Informatika dan Lingkungan, Politeknik Negeri Cilacap (PNC). Keberadaan gedung baru ini diharapkan dapat memaksimalkan kualitas pelayanan pendidikan kepada mahasiswa. 


Dirjen Kiki dalam sambutannya mengatakan bahwa  fasilitas Gedung  Teknologi Informatika tersebut ditujukan untuk mengakomodasi semua kepentingan mahasiswa. Dengan demikian para mahasiswa mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas dan bisa mengembangkan kompetensi mereka.


"Begitu pun dengan ketersediaan sarana prasarana di kampus ini harus semua ditujukan untuk kebutuhan para mahasiswa. 


Menurut Dirjen Kiki, pemerintah telah memutuskan Politeknik Cilacap  menjadi negeri atas inisiatif pemerintah daerah (Pemda) Cilacap pada  tahun 2014. Perubahan status tersebut membuat  penanggung jawab pendanaan Politeknik Negeri Cilacap kini dilimpahkan ke APBN melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). 


“Kemendikbudristek memikirkan cara bagaimana kita membiayai pendidikan yang berkualitas. Oleh sebab itu kami berinovasi mencari cara dengan menggunakan SBSN atau sukuk negara,” katanya.


Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Awaludin Murri mengatakan bahwa dengan bertambahnya fasilitas penunjang di Politeknik Negeri Cilacap diharapkan akan mampu membantu pemerintah Kabupaten Cilacap dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Awaludin berharap PNC dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk memajukan Cilacap. 


"Saya secara pribadi dan Pemerintah Kabupaten Cilacap  mengucapkan selamat atas keberhasilannya dalam melakukan kegiatan-kegiatan termasuk membangun gedung baru,” kata Awaludin.


Lebih lanjut Awaludin meminta kepada seluruh civitas akademika Politeknik Negeri Cilacap untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan sehingga Politeknik Negeri Cilacap dapat menjadi politeknik kebanggaan masyarakat di Kabupaten Cilacap maupun bangsa ini. 


"Dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan pendidikan maka mahasiswa yang diluluskan dapat sejajar dengan perguruan tinggi lain,” kata Awaludin menambahkan.


Masih menurut Awaludin, selain bangunan atau gedung baru sebagai fasilitas penunjang kegiatan mahasiswa yang terus ditingkatkan, dia juga berharap kualitas dan kuantitas para tenaga pendidikan juga ditingkatkan.


“Saranan kualitas kuantitas tenaga pendidik juga harus ditingkatkan,” ujar Sekda. 


Sementara itu Direktur Politeknik Negeri Cilacap, Riyadi Purwanto mengatakan keberadaan gedung baru tersebut akan melengkapi fasilitas yang sudah ada selama ini. Saat ini, menurut Riyadi Politeknik Negeri Cilacap memiliki 10 program pendidikan, di mana enam di antaranya merupakan jenjang sarjana terapan dan empat jenjang diploma tiga. 


Adapun peresmian Gedung Teknologi Informatika dan Lingkungan Politeknik Negeri Cilacap sendiri dilakukan pada Jumat(10-03-2023).

Pada kesempatan ini Dirjen Vokasi, Direktur APTV, pimpinan/perwakilan dari mitra PNC diajak untuk berkeliling dan meninjau ruangan kelas dan laboratorium beserta fasilitas yang ada di Gedung Teknologi Informatika dan Lingkungan. Selain itu, para undangan juga diajak serta meninjau lokasi rencana pembangunan Gedung Olah Raga PNC.  Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan mencicipi olahan makanan dan minuman hasil karya mahasiswa Sarjana Terapan Prodi Pengembangan Produk Agroindustri. (PNC/Nan/Cecep Somantri)