Siapkan SDM, PNUP Buka Seleksi Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas Bersama Industri

Siapkan SDM, PNUP Buka Seleksi Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas Bersama Industri

Makassar, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)  melaksanakan pembukaan seleksi Program Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas PT Huayou Cobalt. Melalui program ini, para mahasiswa akan memiliki kesempatan dan peluang untuk meraih keberhasilan dan menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan di PNUP.

Kegiatan seleksi Program Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas PT Huayou Cobalt ini merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas yang sudah dilakukan sebelumnya oleh PT Huayou Cobalt. Seleksi ini sudah berlangsung sejak Senin (8-05-2023) hingga 12 Mei mendatang.

Pembukaan seleksi Program Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas PT Huayou Cobalt dilakukan oleh Direktur PNUP, Ilyas Mansur. Turut hadir dalam pembukaan tersebut antara lain, Wakil Direktur Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Rusdi Nur, Ketua SPI, para Ketua Jurusan, Pejabat Struktural & Non Struktural, serta para mahasiswa yang mengikuti seleksi.  


Para mahasiswa yang mengikuti seleksi wawancara tersebut merupakan para mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Ujung Pandang. Kegiatan seleksi dilakukan di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung AD Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Direktur PNUP, Ilyas Mansur, dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama dengan PT Huayou Cobalt dalam program magang dan beasiswa pendidikan ikatan dinas tersebut. Akan tetapi, Ilyas berharap agar kedepannya sistem perekrutannya tidak lagi dibatasi.


“Jadi, tidak hanya untuk mahasiswa bidang rekayasa jenjang D-3 saja, melainkan juga mengambil mahasiswa semua bidang (akuntansi dan administrasi niaga) dari jenjang D-3 dan D-4,” kata Ilyas.




Selain itu, lanjut Ilyas, PNUP berharap diberikan bantuan berupa sarana dan prasarana penunjang praktikum mahasiswa. Dari sisi dosen, Ilyas juga berharap agar para dosen juga diikutkan dalam program magang industri dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi. 


Sementara itu, Head of General Manager Department PT Huayou Cobalt, Guo Chao Zhong, mengatakan bahwa kegiatan seleksi Program Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas PT Huayou Cobalt merupakan salah satu bentuk kepedulian pihaknya terhadap pendidikan di Indonesia.


“Merupakan sebuah kehormatan bagi kami bisa berada di sini untuk ikut membuka program beasiswa magang dan ikatan dinas ini,” kata Guo Chao.


Menurut Guo, selama ini Huayou Cobalt senantiasa mendukung pendidikan yang ada di Indonesia, khususnya di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Menurut Guo, perusahaannya memiliki sejumlah proyek di Indonesia. Olah karena itu, pihaknya terus berupaya untuk  menjaga hubungan yang baik dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah.


“Kami menyadari bahwa pendidikan merupakan program penting dalam membangun suatu negara dan daerah. Oleh karena itu, kami sangat peduli dengan pendidikan yang ada di Indonesia, khususnya di Politeknik Negeri Ujung Pandang yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang unggul di Indonesia,” ucap Guo

Seleksi wawancara beasiswa ini laksanakan selama kurang lebih 5 hari. Proses seleksi dilaksanakan di ruang tertutup dengan wawancara langsung oleh perwakilan dari PT. Huayou Cobalt, Pertanyaan dalam wawancara seleksi beasiswa ini mencakup topik tentang diri mahasiswa, pengalaman, dan keahlian yang dimiliki. 


Setiap mahasiswa akan diberikan waktu wawancara selama kurang lebih 15 menit. Setelah proses wawancara selesai, hasil seleksi akan diproses dan diumumkan kepada calon penerima beasiswa. Pengumuman hasil seleksi biasanya dilakukan dalam waktu dekat setelah semua peserta selesai melakukan seleksi.

Program beasiswa ini akan memberikan kesempatan dan peluang bagi mahasiswa untuk meraih keberhasilan dan menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan di Politeknik Negeri Ujung Pandang. (PNUP/Nan/Cecep)