Raup Omzet Jutaan Rupiah, Alumni Desain Grafis LKP ITech Rintis UMKM

Raup Omzet Jutaan Rupiah, Alumni Desain Grafis LKP ITech Rintis UMKM

Metro, Ditjen Vokasi - Kesuksesan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) 2024 tercermin di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) ITech, Metro, Lampung. Banyak alumni program PKW di LKP tersebut sukses membangun rintisan usaha. Bahkan, mereka telah menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah sebelum menyelesaikan pembelajaran.


Sebagai satuan pendidikan vokasi, LKP ITech merupakan salah satu lembaga yang memiliki prestasi serta mempersiapkan para alumninya bisa sukses dalam berwirausaha, terutama di bidang desain grafis.


Dalam acara Penutupan Program PKW 2024 pada Senin (14-10-2024), LKP ITech sukses mempersiapkan 10 rintisan UMKM dari 40 peserta. Bahkan, total omzet dari 10 rintisan tersebut dapat mencapai puluhan juta rupiah.  


Salah seorang lulusannya, Ferdi Ryan, mengungkapkan,”Pada bulan terakhir pembelajaran, kami menargetkan omzet minimal Rp 1 juta. Ini sebuah tantangan. Namun, alhamdulillah, kami ternyata sanggup meraup omzet lebih tinggi, yaitu Rp2,3 juta.”


Omzet yang dicapai Ferdi Ryan itu dari hasil penjualan berbagai marketing tools, seperti poster, brosur, suvenir, dan banner. Desain produk ini bisa menjadi cinderamata para Wedding Organizer atau perusahaan sejenis.


Tah hanya Ferdi, alumni lain yaitu  Monica Chalista, merasakan penerapan pembelajaran PKW Desain Grafis Kemasan sangat bermanfaat. Mulanya, ia tak memiliki dasar desain, tetapi kini ia mampu meningkatkan kompetensi setelah mengikuti program PKW di LKP ITech.


“Kami dapat memproduksi berbagai jenis kemasan produk seperti standing pouch, kotak kemasan, paper bag, stiker kemasan, dan logo yang sangat berguna bagi UMKM,” ujar Monica.



Selama program PKW, 40 peserta LKP ITech dilatih menjadi wirausaha dalam waktu 3,5 bulan atau 300 jam pembelajaran. Pembelajaran ini mencakup tujuh materi yang terpadu, mulai dari dasar desain grafis, desain kemasan, pencetakan dan perakitan kemasan, kewirausahaan, manajemen bisnis, pemasaran digital, dan keuangan.


Menurut Elda S Tambara, selaku Direktur LKP ITech Metro, program PKW sangat membantu para anak usia tidak sekolah (ATS) dan menganggur yang berusia 18—25 tahun. 


“Mereka tidak sedang bersekolah ataupun kuliah dan belum memiliki pekerjaan. Kami seleksi dari 156 orang pendaftar yang tertarik ikut dan diinformasikan tersebar melalui jejaring Camat se-Kota Metro."


Penutupan program PKW di LKP ITech pun semakin sukses dengan pameran hasil karya para alumni PKW 2024. Elda menambahkan bahwa pameran ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk memperluas jaringan penjualan. Terdapat desain dan produk-produk custom  yang paling digemari antara lain, gantungan kunci seharga Rp7.500—15.000, korek api, kipas dan paperbag. Para alumni juga membuka kesempatan konsultasi gratis bersama dinas UMKM. (Ditsuslat/Zia/Cecep)