Poltesa Dukung UMKM Ikut ‘Taste of Asia

Poltesa Dukung UMKM Ikut ‘Taste of Asia

Sambas, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berada di wilayah Kabupaten Sambas untuk ikut serta dalam perhelatan Festival Taste of Asia yang digelar di Malaysia beberapa waktu lalu.

 

Direktur Poltesa, Yuliansyah, menyampaikan bahwa dukungan yang diberikan Poltesa tersebut guna turut mempromosikan produk lokal karya UMKM setempat menuju pasar global. "Taste of Asia ini peluang baik untuk mempromosikan hasil UMKM daerah, khususnya produk makanan dan minuman lokal sehingga bisa dikenal luas," ujarnya.

 

Menurut Yuliansyah, memberangkatkan UMKM Kabupaten Sambas ke Malaysia untuk mengikuti acara tersebut merupakan gerbang untuk memasuki pasar internasional dengan mengoptimalkan momen yang strategis. "Ini merupakan pintu masuk kita dengan pihak Malaysia untuk mempromosikan produk UMKM asal Kabupaten Sambas yang diikuti 6 negara Asia sehingga ini menjadi momen strategis bagi produk UMKM kita," imbuhnya.

 

Didukung pula oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag), UMKM di Kabupaten Sambas diberangkatkan ke Malaysia untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Mall Everrise Serawak tersebut guna mengenalkan produk-produk terbaiknya. 

 

Kepala Bidang Perdagangan Diskumindag Kabupaten Sambas, Abdul Hadi, mengatakan bahwa keberangkatan UMKM tersebut tentunya merupakan sebuah kolaborasi yang apik dari berbagai pihak, baik pendidikan vokasi maupun industri, untuk meningkatkan produktivitas, serta menjangkau pangsa pasar produk lokal yang lebih luas.

 

"Keikutsertaan UMKM di Taste of Asia berkat kolaborasi bersama, baik dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Pemda Sambas, Poltesa, pelaku UMKM, serta pihak Mall Everrise Sarawak, Malaysia," tutur Abdul.

 

Abdul menambahkan, UMKM Kabupaten Sambas dalam mengikuti promosi produk di Festival Taste of Asia tersebut telah mengikuti pembekalan sebelumnya yang diberikan oleh Poltesa, KJRI, serta PBLN Aruk mengenai produksi hingga mengenal packaging yang menarik. Ia berharap, pada festival tersebut beragam produk UMKM Kabupaten Sambas banyak diminati sehingga dapat berkelanjutan dan memiliki pesanan khusus untuk produk UMKM Kabupaten Sambas di Malaysia.

 

“Mudah-mudahan produk UMKM kita diminati pengunjung Mall Everrise Sarawak sehingga bisa berlanjut bersama pihak Everisse Serawak untuk pemesanan produk kita, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM,” jelas Abdul. (Diksi/Tan/AP/NA)