PNP Juara Umum Kompetisi Alat Berat 2022

PNP Juara Umum Kompetisi Alat Berat 2022

Padang, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Padang (PNP) berhasil memboyong Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022 yang digelar PT Trakindo Utama, perusahaan penyalur (dealer) resmi alat-alat berat produk Caterpillar asal Amerika, selama sepekan, 3-8 Oktober 2022 lalu.

 

Tim K3TAB 2022 dari Prodi Teknik Alat Berat PNP terdiri atas Irpan Maulana, Bagus Susandi, dan Mochammad Forgi Prayoga. Mereka didampingi oleh dosen Nofriyandi.

 

Menyusul juara umum adalah Politeknik Negeri Banjarmasin (runner up), yang juga menyabet kategori presentasi inovasi dan pengetahuan teknik, serta diikuti PNP untuk kategori keterampilan teknik.

 

Selain politeknik, kompetisi ini juga diikuti peserta dari sekolah menengah kejuruan (SMK). Peserta dari tingkat politeknik adalah PNP, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Sementara itu, peserta dari SMK meliputi SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 1 Balikpapan, SMKN 6 Samarinda, SMKN 1 Mimika, dan SMKN 3 Sorong.

 

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Sariyadi, mengatakan bahwa K3TAB 2022 diikuti 14 institusi pendidikan teknik alat berat (lebih banyak dari tahun sebelumnya).

 

Di tingkat SMK, Juara Umum diraih oleh SMKN 1 Balikpapan, SMKN 1 Singosari sebagai runner up, SMKN 2 Dumai untuk kategori presentasi inovasi, serta diikuti SMKN 1 Balikpapan untuk kategori pengetahuan teknik dan keterampilan teknik.

 

Menurut Saryadi, Kemendikbudristek berterima kasih kepada Trakindo yang telah memberikan dukungan kepada pendidikan vokasi dan atas jerih payah kerja keras seluruh tenaga pengajar, kepala sekolah, direktur politeknik, serta siswa dan mahasiswa peserta. “Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui link and match, saya yakin vokasi makin kuat, serta siswa dan mahasiswa memiliki bekal kompetensi memadai untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” ungkapnya optimistis.

 

Program yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia ini, menurutnya, adalah bagian dari program kerja sama pendidikan (Co-op) Trakindo sejak 2008. K3TAB menjadi ajang bagi institusi pendidikan untuk berpartisipasi meningkatkan kapasitas ilmu dan keahlian praktik peserta didik sehingga diperoleh keseragaman dalam penerimaan proses belajar mengajar dan upaya meningkatkan kualitas lulusan jurusan teknik alat berat.

 

Di sisi lain, Bari Hamami, President Director PT Trakindo Utama, menilai, institusi pendidikan yang berkolaborasi dengan Trakindo pada K3TAB 2022 konsisten memberikan contoh nyata kepada masyarakat. Ia juga mengajak setiap institusi bersama-sama meningkatkan hasil kolaborasi dengan inovasi bermanfaat dan solusi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan dinamis perkembangan zaman.

 

Direktur PNP, Surfa Yondri, mengaku bangga dengan hasil capaian mahasiswa program studi teknik alat berat tersebut. Prestasi tersebut, menurutnya, tak lepas dari hasil perjuangan dan dukungan civitas akademika. Di sisi lain, Tim Teknik Alat Berat (TAB) dinilai sebagai tim yang solid, disiplin, smart, dan tangguh dalam mencetak prestasi dan reputasi. (Diksi/Mya/AP)