Perlu Kompetensi dan Keuletan, Inilah Materi yang Diajarkan di Kursus Caregiver

Perlu Kompetensi dan Keuletan, Inilah Materi yang Diajarkan di Kursus Caregiver

Cilacap, Ditjen Vokasi - Tak banyak orang tahu, menjadi seorang caregiver profesional juga memerlukan sebuah kompetensi. Tak hanya itu, cukup tingginya permintaan caregiver pun membuat tenaga kerja di bidang ini pun sangat dibutuhkan. Maka dari itu, kunci untuk menjawab kebutuhan tersebut adalah dengan kursus dan pelatihan caregiver.


Caregiver adalah profesi pendamping seseorang yang membutuhkan bantuan yang biasanya untuk lansia. Untuk menjadi seorang caregiver di klinik diperlukan sebuah sertifikasi dan lulus dari lembaga kursus dan pelatihan (LKP). Salah satu LKP penyelenggara kursus tersebut adalah LKP Satria, Cilacap, Jawa Tengah. 


Siti Komaryatun selaku pemimpin LKP Satria mengungkapkan bahwa menjadi seorang caregiver perlu memiliki kompetensi dan keuletan. Menurutnya, profesi caregiver memberikan kemandirian dan kenyamanan bagi orang-orang yang membutuhkan pelayanan terutama para lansia. Untuk menjadi caregiver profesional terdapat tiga materi pokok yang diajarkan di kursus caregiver. Berikut adalah penjelasannya.


  1. Materi Keperawatan dan Kesehatan

Berada di bidang kesehatan, tentu materi utama dari kursus caregiver adalah mengenai keperawatan dan kesehatan, khususnya untuk lansia. Seorang caregiver perlu memahami pelayanan terkait kebutuhan lansia sekaligus terkait kesehatannya. Maka dari itu, materi yang diajarkan pun bisa berupa pertolongan pertama, mengukur tensi dan gula darah, bahkan sampai memasang oksigen.


  1. Materi Penunjang

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting untuk menjadi caregiver. Materi yang dibahas dalam kursus ini mencakup cara berkomunikasi dengan klien secara efektif, memahami kebutuhan klien, dan dengan bijaksana menangani perselisihan atau situasi sulit. Dalam berkomunikasi tentunya bahasa menjadi peran utama. Maka dari itu, kursus caregiver juga mempelajari bahasa asing untuk mengasah keterampilan komunikasi. Sebagai contoh di LKP Satria terdapat pendalaman materi mengenai bahasa Inggris dan bahasa Jepang.


  1. Materi Etika Profesional dan Persiapan Mental

Materi selanjutnya yang tak kalah penting adalah terkait etika profesional dan juga persiapan mental. Di LKP Satria, materi ini dikenal dengan materi fisik, mental, dan kedisiplinan (FMD). Menjadi seorang caregiver membutuhkan persiapan mental yang kuat dan etos kerja yang tinggi. Melalui kursus, seseorang akan lebih terlatih dan telaten sehingga siap untuk bekerja bersama klien.


Kursus caregiver tidak hanya mengenal tentang perawatan dan kesehatan, tetapi lebih dari itu. Kursus ini cukup berbeda dari kursus lainnya karena membutuhkan empati dan keuletan yang lebih tinggi. Dengan bekal melalui kursus dan beberapa materi di atas, maka seseorang akan lebih siap menjadi seorang caregiver profesional. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga luar negeri. (Zia/Cecep)