‘Patchwork’ SMKN 1 Buduran Warnai JMFW 2023

‘Patchwork’ SMKN 1 Buduran Warnai JMFW 2023

Tangerang, Ditjen Vokasi – Tampil dengan 6 looks busana muslim kasual remaja, desain busana karya SMKN 1 Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur turut menyemarakkan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) tahun ini yang dihelat di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, pada 20-22 Oktober 2022. “Desain ini kami pilih karena beberapa pertimbangan, antara lain sesuai tren saat ini, dengan cutting simple dan warna cerah cenderung soft,” terang Kepala SMKN 1 Buduran, Agustina.

 

Agustina menambahkan, bahan nyaman yang dipilih juga sesuai tren, yaitu linen. “Adapun ide dari produk ini berasal dari peserta didik dibantu oleh guru pembimbingnya. Jadi, pembimbing terlibat sebagai konsultan dalam pemilihan ide desain dan proses pembuatan busana sampai selesai,” jelasnya.

 

Meskipun begitu, Agustina mengakui bahwa terkadang para siswanya masih kurang percaya diri dan kurang berani. Pada hajatan JMFW kali ini, tambah Agustina, busana yang ditampilkan SMKN 1 Buduran membawa ciri khas hiasan Patchwork. Adapun kelebihannya adalah desain yang simple, tetapi menarik, yaitu dengan adanya penambahan aksen berupa Patchwork dari beberapa bahan lurik.

 

Selain itu, desain dibuat agar memudahkan aktivitas, yang terdiri atas celana, rok lebar, blus, outer, dan jaket. Warna-warna yang digunakan adalah warna yang cerah, tetapi tidak menyolok, sesuai dengan jiwa remaja. “Bahan yang digunakan linen yang cukup higroskopis sehingga sangat nyaman saat dipakai beraktivitas,” ujar Agustina.

 

Menurut Agustina, desain tersebut ditujukan untuk pangsa pasar di wilayah Indonesia serta semua kalangan dengan usia berkisar 15-25 tahun. “Linen dan katun full trikot ini ditawarkan dengan kisaran Rp1-1,25 juta melalui marketplace Shopee,” tuturnya.

Agustina pun berharap, usai mengikuti JMFW 2023, produk dari siswa SMKN 1 Buduran dapat dikenal masyarakat luas dan mendapat respons positif dari pasar fashion nasional. (Diksi/AP)