Ingin Berbisnis Laundry? Kenali 4 Jenis Laundry Menurut SMKN 7 Medan

Ingin Berbisnis Laundry? Kenali 4 Jenis Laundry Menurut SMKN 7 Medan

Medan, Ditjen Vokasi – Tren berwirausaha saat ini sedang marak digandrungi oleh masyarakat khususnya untuk kaum milenial. Tidak adanya keterikatan dengan aturan yang ketat dan bisa membuka peluang kerja menjadi salah satu tujuan seseorang memberanikan diri untuk membuka usaha.


Akhir-akhir ini ada banyak jenis usaha yang bermunculan di pasaran, salah satunya ialah laundry. Usaha ini sangat membantu para konsumen yang tidak memiliki waktu cukup banyak untuk membersihkan baju-baju kotor yang telah digunakan. Peluang usaha ini cukup menjanjikan apalagi jika mangsa pasarnya tepat sasaran.


Buat kalian yang ingin membuka usaha laundry, kalian perlu tahu dahulu jenis laundry apa yang tepat untuk dijalankan karena laundry tidak hanya satu jenis saja. Menurut guru Jurusan Perhotelan, SMKN 7 Medan, Sumatra Utara, Yenni Sari, terdapat 4 (empat) jenis laundry berdasarkan pelayanan yang diberikan untuk konsumen.


  1. Laundry Kiloan

Laundry kiloan merupakan jasa laundry yang menghitung kuantitas pakaian berdasarkan satuan kilogram. Jenis laundry ini cocok untuk pencucian dalam jumlah banyak. Harganya yang lebih terjangkau membuat jenis laundry ini banyak didatangi oleh konsumen.


  1. Dry Cleaning

Sesuai dengan namanya dry cleaning jenis laundry ini ialah metode pencucian tanpa menggunakan air sama sekali. Sebagai gantinya air, proses dry cleaning menggunakan cairan solvent berupa perkloroetilena atau tetrakloroetilena untuk membersihkan kotoran pada pakaian. Jenis laundry ini cocok digunakan untuk merawat pakaian tertentu seperti gaun, kebaya, dan lainnya.


  1. Laundry Self Service

Laundry self service merupakan jasa laundry mandiri, di mana para konsumen harus mengurus sendiri pakaian kotor di tempat laundry. Para penyedia jasa laundry ini cukup memfasilitasi konsumen dengan mesin cuci satu tabung dan air bersih. Jenis laundry ini masih jarang ditemui di Indonesia, tetapi kalian bisa menemukan laundry jenis ini di luar negeri. 


  1. Laundry on Demand

Jenis laundry berikutnya ialah laundry on demand. Jenis laundry ini kebalikan dari laundry self service karena para konsumen akan mendapatkan beberapa fasilitas lebih yang diberikan oleh penyedia jasa. Para konsumen cukup menghubungi penyedia jasa laundry melalui kontak narahubung yang tersedia maka pihak penyedia jasa akan mengambil pakaian kotor konsumen ke titik jemput yang tertera.


Itu dia empat jenis laundry yang bisa dijadikan acuan apabila kalian ingin membuka usaha laundry. Sudah tahu kan bedanya, jadi jenis laundry apa yang akan kalian pilih untuk bisnis kalian. (Aya/Cecep)