Dalam Sehari, Ditjen Pendidikan Vokasi Raih Dua Penghargaan Bidang Kehumasan

Dalam Sehari, Ditjen Pendidikan Vokasi Raih Dua Penghargaan Bidang Kehumasan

Jakarta, Ditjen Vokasi - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (kemendikbudristek) meraih dua penghargaan sekaligus di ajang berbeda. Kedua penghargaan tersebut diterima dihari yang sama pada Selasa (30-4-2024).

Di pagi hari, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi meraih penghargaan  Mendikbudristek kepada Unit dan Satuan Kerja atas Kinerja Terbaik T.A. 2023 untuk bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Pada penghargaan yang diterima langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, tersebut, Ditjen Pendidikan Vokasi meraih penghargaan sebagai informatif ke-6 dengan kualifikasi Informatif untuk kategori atau bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 


Pada malam harinya, Ditjen Pendidikan Vokasi kembali meraih penghargaan Gold Winner sebagai The Best of Government’s Social Media pada  Indonesia Digital Media Awards (IDMA) 2024 untuk Subkategori Media Sosial Institusi Terbaik yang diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS). 

Apresiasi terhadap kinerja sosial media Ditjen Pendidikan Vokasi tersebut diterima langsung oleh Ketua Tim Kerja Bidang Pelayanan Umum, Kerja Sama, dan Humas, Ditjen Pendidikan Vokasi, Cecep Somantri, di Hotel Ciputra, Jakarta. 

Capain prestasi kali ini menjadi kali kedua bagi sosial media Ditjen Pendidikan Vokasi setelah tahun sebelumnya, Ditjen Pendidikan Vokasi hanya meraih silver winner. Raihan prestasi ini semakin membanggakan mengingat Ditjen Pendidikan Vokasi harus bersaing dengan banyak peserta di ajang tersebut.

Menurut Ketua Umum SPS, Januar P. Ruswita, total ada 719 entry (materi penilaian yang dilombakan) pada SPS Award 2024. Jumlah tersebut terbagi dalam 299 entry kategori IPMA, 205 entry kategori InMA, 12 entry kategori IYRA, 85 entry kategori ISMA, dan 118 entry kategori.

Terkait penghargaan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, mengatakan bahwa berbagai apresiasi yang diperoleh baik dari internal Kemendikbudristek maupun dari pihak luar seperti SPS merupakan motivasi bagi Ditjen Pendidikan Vokasi untuk terus melakukan terobosan dan meningkatkan kreativitas dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Apresiasi ini merupakan evaluasi dan motivasi bagi kami (Ditjen Pendidikan Vokasi) untuk terus berinovasi dalam mewujudkan komitmen layanan informasi publik menjadi lebih baik lagi,” kata Dirjen Kiki.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Bidang Pelayansn Umum, Kerja Sama, dan Humas, Cecep Somantri, mengatakan bahwa raihan prestasi tersebut menjadi kado manis penutup bulan April 2024 bagi Ditjen Pendidikan Vokasi. Ia berharap, penghargaan tersebut dapat terus memacu kinerja kehumasan dan publikasi Ditjen Pendidikan Vokasi agar bisa berdampak lebih luas bagi masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan kemenangan untuk kerja bersama kita. Harapannya ke depan, kami bisa lagi menghadirkan inovasi-inovasi program kehumasan yang lebih mengena dan berdampak luas,” ujar Cecep. (Nan/Cecep)