‘Baju Baru’ Kopi Kuda ala Alumni Kursus, Dongkrak Branding dan Penjualan

‘Baju Baru’ Kopi Kuda ala Alumni Kursus, Dongkrak Branding dan Penjualan

Metro, Ditjen Vokasi - Kemasan yang menarik merupakan salah satu kunci dalam memperkuat branding dan suksesnya penjualan produk. Itulah yang menjadi inspirasi bagi alumni Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Itech, Metro, Lampung, yang memberikan kemasan baru untuk Kopi Kuda, kopi ikon Kota Metro. Tangan kreatif tersebut adalah Bima dan Intan. 


Berkat ide kreatif mereka, kemasan kopi kuda tampil dengan baju baru yang lebih menarik. Terdapat perubahan dari segi desain kemasan dan penulisan copywriting yang memikat. Hal itu mereka dapatkan setelah mengikuti program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2023. 


Sebagai perwakilan, Intan mengungkapkan bahwa ide kreatif dan keberaniannya dalam mengubah penampilan produk Kopi Kuda ini berawal dari mengikuti PKW bidang desain grafis di LKP Itech. Dengan bekal kompetensi selama pelatihan, ia bisa mem-branding ulang kopi khas Metro Lampung tersebut.


“Kami buat lebih eye catching, lebih berwarna, dan informatif. Ilmu tersebut pun kami dapatkan saat lulus PKW 2023,” tutur Intan mendeskripsikan kemasan baru Kopi Kuda.


Menurut Intan, Kopi Kuda yang sebelumnya menghadapi masalah penjualan karena kualitas kemasan yang kurang memikat konsumen. Dengan desain dan kemasan yang lebih menarik, hal itu mampu membuat UMKM tersebut meraih pembeli yang lebih banyak.


Merasa terbantu dengan adanya ide kreatif dari Clarista untuk mengubah kemasan, Siti Halimah selaku Owner Kopi Kuda memesan 1.000 kemasan saset dengan desain baru karya Intan untuk produk andalannya. Tak hanya itu, pemesanan desain untuk kotaknya Halimah pun pesan kepada Bima.


“Kami sangat sangat terbantu dengan ide kreatif lulusan Program PKW 2023 ini. Clarista membuatkan desain baru kemasan Kopi Kuda yang sebelumnya tidak memuaskan dan membuat produknya kurang laku,” jelas Halimah.


LKP ITech Dorong Pengembangan UMKM


Sebagai satuan pendidikan vokasi, LKP ITech memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan dari berbagai aspek. Tak hanya bisnis dan kewirausahaan, tetapi juga aspek kreatif seperti yang dilakukan Intan dan Bima


Pencapaian desainer muda ini mendorong LKP ITech untuk semakin serius mengelola unit bisnis (teaching factory) yang mendorong peserta didiknya untuk dapat mempraktekkan langsung kemampuannya sesuai kebutuhan masyarakat dan industri. 


Tak hanya itu, untuk menyukseskan program PKW Desain Grafis Kemasan, LKP ITECH memberikan konsultasi desain kepada 35 peserta PKW 2023. Hasilnya, 85 UMKM Kota Metro termotivasi untuk segera naik kelas dengan baju baru yang lebih menjual. 


“Mereka menginisiasi kerjasama dengan Dinas UMKM Kota Metro untuk memasarkan produk ikonik Kota Metro dengan kemasan yang eye catching dan kekinian,” tutur Elda Tambara selaku Direktur ITech. 


Elda juga menambahkan, tak hanya Kopi Kuda, berbagai UMKM Lampung di bidang makanan, kriya, dan kebutuhan rumah tangga, siap maju dan berkembang bersama LKP ITech Lampung dan alumni-alumninya. (Ditsuslat/Zia/Cecep)