Alumnus Polije Sukses Dirikan Perusahaan Bidang Energi Terbarukan

Alumnus Polije Sukses Dirikan Perusahaan Bidang Energi Terbarukan


Jember, Ditjen Vokasi - Bekal ilmu yang didapatkan dari perkuliahan di Politeknik Negeri Jember (Polije) membuat Izza Auliya Amukholid sukses mendirikan perusahan di bidang energi terbarukan, Futura Energi Indonesia.


Futura Energi Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada pengembangan dan penerapan teknologi energi terbarukan khususnya tenaga surya untuk menciptakan solusi pembangkitan energi yang ramah lingkungan.


Izza Auliya yang merupakan alumni Program Studi Sarjana Terapan Teknik Energi Terbarukan Jurusan Teknik angkatan 2013 tersebut mengatakan bahwa pendirian Futura Energi Indonesia didasari oleh motivasi Izza untuk memberikan kontribusi dalam mempercepat transisi menuju energi bersih dan berkelanjutan, serta memanfaatkan potensi energi terbarukan secara efisien untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.


Izza menjelaskan bahwa produk dan layanan dari Futura Energi mencakup instalasi panel surya, konsultasi manajemen energi, dan desain sistem energi terbarukan, serta penyediaan material sistem panel surya dan penyimpanan energi.


“Klien kami berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, dengan beberapa yang paling jauh, yaitu projek PLTS Gudang Alfamart di Batam, Kepulauan Riau,” jelas Izza.


Izza bersama tim dari Futura Energi juga menceritakan pengalaman proyek yang telah dilakukan di Pulau Madura, di mana mereka mengerjakan program CSR Pertamina Hulu Energi.


“Kami memasang instalasi pembangkit listrik tenaga surya yang dikombinasikan dengan tenaga angin untuk melistriki fasilitas wisata pantai,” lanjut Izza.


Selain itu, perusahaan Izza juga pernah menangani sejumlah proyek besar, salah satunya proyek dari  PT Panverta Kencana dengan total kapasitas 5 MWp. Hingga saat ini proyek ini masih dalam proses pengerjaan.


Saat ini, Futura Energi telah memiliki sebanyak 14 karyawan dari berbagai latar pendidikan dan pengalaman.


“Sebagian besar karyawan kami di sini merupakan alumni Polije. Sehingga saya utamanya merasa bahwa alumni-alumni dari Polije yang notabennya mahasiswa vokasi sudah teruji di lapangan dan tidak perlu diragukan lagi untuk skill baik itu hard skill maupun soft skill yang dimiliki,” ungkap Izza.


Izza menceritakan pengalaman selama berkuliah di Polije khususnya Program Studi Sarjana Terapan Teknik Energi Terbarukan Jurusan Teknik. Selama berkuliah ia mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan teknis.


“Pengalaman saya di Polije banyak yang bisa saya ambil dan implementasikan di Futura Energi. Di Polije saya diajarkan pengetahuan dan keterampilan teknis dalam bidang energi terbarukan, seperti teknologi fuel cell, bio fuel, biogas, biomassa, pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga panas bumi, pembangkit listrik tenaga angin, manajemen energi, dan penghematan energi,” jelas Izza.


Izza berpesan kepada mahasiswa Polije khususnya yang sedang menempuh pendidikan untuk mengejar mimpi dan menciptakan peluang baru untuk berwirausaha.


“Jika mahasiswa Polije memiliki ide bisnis dan inovatif, jangan ragu untuk mengambil langkah pertama untuk mewujudkannya,” kata Izza.


Izza juga menambahkan untuk selalu jadi proaktif dan belajar dari pengalaman serta terus bersemangat dalam menggapai tujuan untuk menjadi seorang entrepreneur. Karena sejatinya, baik itu entrepreneurship, keterampilan bermain musik, ataupun keterampilan apapun hanya bisa dinikmati suksesnya apabila sudah terbiasa.


“Kuncinya adalah berlatih, benar-benar melakukan dalam berwirausaha, baik itu berjualan, menginovasikan produk, maupun mencatat keuangan, serta 1001 hal lain yang hanya akan bisa ditemukan dan mengerti apabila sudah berkecimpung langsung di dunia wirausaha,” tutup Izza. (Polije/Nan/Cecep)