7 Langkah Mudah Facial Manual Menurut Instruktur Kursus Kecantikan

7 Langkah Mudah Facial Manual Menurut Instruktur Kursus Kecantikan

Sleman, Ditjen Vokasi - Salah satu kompetensi vokasi yang menarik adalah bidang spa dan kecantikan. Industri ini memiliki membutuhkan tenaga kerja kompeten. Pendidikan vokasi di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dapat menjawab tantangan tersebut. Materi yang sangat penting dipelajari adalah facial.


Facial merupakan perawatan wajah yang sangat digemari banyak kalangan ketika berkunjung ke klinik kecantikan dan spa. Facial yang cukup populer adalah facial tradisional tanpa bantuan alat. LKP yang juga mengajarkan materi ini ke peserta didik adalah LKP Putri Kedaton, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Nurjanah selaku instruktur LKP Putri Kedaton menyampaikan bahwa facial adalah keterampilan dasar untuk para terapis. Ia pun pernah magang instruktur berstandar industri melalui program dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar) di tahun 2023. 


Agar terapis dan peserta didik kursus mengetahui cara yang benar dalam melakukan facial, berikut adalah tutorial facial manual menurut LKP Putri Kedaton.


  1. Bersihkan Area Mata dan Bibir

Untuk facial, dapat dimulai dengan membersihkan area mata. Pastikan wajah klien sudah bersih khususnya di area mata, mulai dari alis dan kelopak mata. Setelah itu mulai lah membersihkan area bibir. Bersihkan menggunakan remover agar kotoran ataupun bekas makeup terangkat sempurna.


  1. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Setelah membersihkan area mata dan bibir, bersihkan kulit wajah dengan menggunakan milk cleanser. Oleskan milk cleanser di beberapa titik, mulai dari dahi, pipi kanan kiri, dagu, sampai leher.


  1. Pijat dan Bersihkan

Setelah mengoleskan milk cleanser, mulailah untuk memijat wajah. Lakukan gerakan effleurage di bagian dada/leher dengan arahnya naik ke leher. Lalu, gerakan selanjutnya adalah friction atau mengusap di bagian cuping bibir, cuping hidung, dan lanjut ke bagian dahi. Kemudian meluncur lagi ke bawah mulai dari dagu. Ulangi kedua gerakan yang sama sama tersebut sampai tiga kali. Setelah itu bilas wajah dengan handuk hangat. 


  1. Angkat Komedo

Ciri khas dari perawatan facial adalah mengangkat komedo. Komedo merupakan kotoran yang menumpuk di wajah, khususnya di area hidung, dahi, maupun dagu. Gunakan sendok una untuk mengangkat komedo yang membandel.


  1. Pijat Kembali Area Wajah

Pijatan lembut adalah bagian penting dari perawatan wajah manual. Pijat kulit dengan ujung jari dengan gerakan melingkar yang lembut menggunakan krim pijat. Pijat area yang tegang atau kaku, seperti area di sekitar hidung dan dahi dengan teliti. Gunakan gerakan vibrasi/getaran di area dahi dan gerakan tapotage di area bawah mata.


  1. Masker Wajah

Setelah pijatan, gunakan masker alami yang sesuai dengan kebutuhan kulit pelanggan. Kamu dapat menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti yogurt, mentimun, atau madu.  Biarkan selama sepuluh hingga lima belas menit lalu bilas dengan handuk basah.


  1. Aplikasikan Toner dan Pelembab

Langkah ini adalah langkah terakhir dalam perawatan facial. Aplikasikan toner dengan cara ditap-tap pada kapas ke wajah agar tonernya dapat meresap ke kulit. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab agar kulit pun dapat terhidrasi sempurna. 


Itulah 7 langkah mudah facial manual yang bisa dipelajari bagi kamu yang tertarik menjadi terapis. Pastikan untuk mendapatkan pengetahuan lebih lengkap dengan mengikuti kursus kecantikan di LKP favorit di kotamu. (Zia/Cecep)