5 Tip Memilih Tanaman Hortikultura yang Cocok di Iklim Tropis Menurut SMKN 2 Tual

5 Tip Memilih Tanaman Hortikultura yang Cocok di Iklim Tropis Menurut SMKN 2 Tual

Tual, Ditjen Vokasi – Berkebun adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Tidak hanya mengisi waktu luang, aktivitas ini juga bisa menjadi alternatif untuk mengelola stres setelah lelah beraktivitas. 


Ada berbagai jenis tanaman yang bisa ditanam, satu di antaranya adalah tanaman hortikultura. Tanaman hortikultura adalah tanaman yang dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti buah-buahan, sayuran, dan tanaman hias.


Di wilayah tropis seperti di Indonesia, memilih tanaman hortikultura yang tepat menjadi kunci keberhasilan dalam berkebun. Iklim tropis yang hangat dan lembab sepanjang tahun memengaruhi jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik.


Buat kamu yang ingin mencoba aktivitas berkebun di rumah, berikut ini lima tip memilih tanaman hortikultura menurut guru Konsentrasi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH), SMKN 2 Tual, Maluku, Suhuarlin. 


  1. Pilih Tanaman yang Tahan Panas

Iklim tropis ditandai dengan suhu tinggi yang dapat mencapai lebih dari 30°C. Oleh karena itu, penting untuk memilih tanaman yang tahan panas. Beberapa contoh tanaman hortikultura yang tahan panas di antaranya adalah cabai, tomat, dan terong. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan suhu tinggi dan sinar matahari langsung.


  1. Perhatikan Kebutuhan Air

Di wilayah beriklim tropis, memungkinkan untuk mendapatkan curah hujan tinggi dan tidak menutup kemungkinkan wilayah tersebut dilanda kekeringan. Pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak air sehingga bisa bertahan saat terjadi kekeringan. Tanaman seperti bayam, sawi, dan pohon pepaya bisa kamu pilih karena tanaman tersebut relatif mudah tumbuh dan berkembang di musim kemarau.


  1. Pertimbangkan Jenis Tanah

Tanah di wilayah tropis cenderung bervariasi dari tanah yang subur hingga tanah berpasir. Sebelum menanam, pastikan untuk memilih tanaman yang cocok dengan jenis tanah di lokasi penanaman. Misalnya, tanaman pisang dan singkong lebih cocok ditanam di tanah yang subur, sedangkan nanas dan talas dapat tumbuh baik di tanah yang lebih berpasir.


  1. Pilih Tanaman Siklus Panen Pendek

Wilayah dengan iklim tropis memungkinkan untuk bertanam sepanjang tahun. Memilih tanaman dengan siklus panen yang pendek bisa memberikan keuntungan bagi pemilik tanaman. Tanaman seperti selada, kangkung, dan cabai dapat dipanen dalam waktu kurang dari tiga bulan sehingga memungkinkan petani untuk mendapatkan hasil panen lebih cepat dan lebih sering.


  1. Pilih Varietas Lokal

Salah satu cara terbaik untuk memastikan keberhasilan berkebun di iklim tropis adalah dengan memilih varietas lokal yang telah terbukti cocok dengan kondisi setempat. Pilihlah bibit tanaman hortikultura yang telah diuji dan dikembangkan secara lokal. Varietas lokal cenderung lebih tahan terhadap penyakit dan hama yang umum di daerah tropis.


Itu dia lima tip memilih tanaman hortikultura yang cocok untuk wilayah tropis. Dengan memahami kondisi wilayah masing-masing diharapkan kamu bisa mendapatkan hasil panen yang optimal. (Aya/Cecep)