494 Mahasiswa Polinela Ikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2023

494 Mahasiswa Polinela Ikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2023

Lampung, Ditjen Vokasi - Sebanyak 494 mahasiswa Politeknik Negeri Lampung (Polinela) mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023. Melalui program tersebut diharapkan para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan kompetensi diri para mahasiswa.


Para mahasiswa tersebut terbagi dalam sejumlah program MBKM, yakni Kampus Mengajar berjumlah 10 mahasiswa, Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sebanyak 16 mahasiswa, PT. Louis Dreyfus Company berjumlah 6 mahasiswa, Apindo berjumlah 4 mahasiswa. Program Kewirausahaan Polinela berjumlah 8 mahasiswa, Program Studi Independen Polinela berjumlah 4 mahasiswa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berjumlah 4 mahasiswa, dan Program Magang Industri Polinela berjumlah 442 mahasiswa. 


"MBKM hadir sebagai wadah bagi mahasiswa belajar di luar kampus untuk menggali informasi, kemandirian, dan menambah kemampuan. Kami berharap kepada para mahasiswa Polinela bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin," kata Wakil Direktur I, Dwi Puji Hartono, dalam sambutannya saat membuka acara Pembekalan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka tahun ajaran 2022/2023.


Kegiatan pembekalan terhadap para mahasiswa tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna Polinela pada Selasa (14-03- 2023). 


Dwi mengaku sangat mengapresiasi minat para mahasiswa untuk mengikuti program MBKM. Menurut Dwi, mahasiswa yang mengikuti program MBKM akan mendapatkan nilai tambah tersendiri dibandingkan mereka yang tidak mengikutinya.


“Pilihlah sesuai dengan passion masing-masing agar dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan kompetensi diri para mahasiswa,” kata Dwi. 


Dwi juga berpesan agar para mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater saat berinteraksi dengan khalayak luas selama kegiatan MBKM berlangsung. 


“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk promosi memperkenalkan kampus Polinela," kata Dwi.


Kegiatan pembekalan magang industri ini sendiri disampaikan oleh Ketua Jurusan Teknologi Pertanian, Didik Kuswadi dan Ketua Jurusan Peternakan Rakhmawati. Materi yang disampaikan oleh Didik Kuswadi  di antaranya berkenaan dengan pihak Jurusan Teknik Industri untuk memahami lingkungan organisasi dan permasalahan yang ada di dalam industri tersebut.


Sementara itu, Rakhmawati lebih fokus pada penyampaian materi terkait dengan magang Industri sebagai tempat untuk menambah pengalaman bekerja bagi mahasiswa ke depannya. (Polinela/Nan/Adi Sutrisno)