Tingkatkan Kompetensi dan Produktivitas Guru, BBPPMPV BOE Gelar Diklat untuk 200 Guru SMK

Tingkatkan Kompetensi dan Produktivitas Guru, BBPPMPV BOE Gelar Diklat untuk 200 Guru SMK

Malang, Ditjen Vokasi - Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) menggelar Diklat Guru Kejuruan Moda Daring Angkatan I untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas guru SMK. Kegiatan yang berlangsung sejak 3 s.d. 14 April 2023 tersebut diikuti oleh 200 guru SMK yang berada di wilayah binaan BBPPMPV BOE.  


“Pelatihan Guru Kejuruan Moda Daring Angkatan I Tahun 2023 ini diikuti peserta yang tersebar dari 12 provinsi wilayah kerja BBPPMPV BOE,” kata Ketua Tim Fasilitasi dan Peningkatan Kompetensi PTK, Santosa Akhmad, dalam sambutannya mewakili Kepala BBPPMPV BOE saat membuka kegiatan diklat Senin (3-04-2023).


Menurut Santosa, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi produktivitas guru mendukung pengembangan profesi guru SMK sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Sementara itu, dalam laporannya sebelum kegiatan diklat dibuka secara resmi, Dede Misbach selaku penjabat pelaporan diklat mengatakan bahwa judul-judul diklat daring kali ini diambil dari profil pelatihan guru kejuruan yang sudah dikembangkan oleh BBPPMPV BOE dan dari Kurikulum Merdeka. 


Dalam laporannya, Dede menyampaikan bahwa ada 14 konsentrasi keahlian, di mana masing-masing konsentrasi keahlian terdiri atas 7 (tujuh) mata pelatihan yang dapat diikuti oleh peserta diklat. Judul pelatihan dari setiap program keahlian terdiri atas 3 (tiga) judul yang menjadi dasar-dasar kejuruan pada semua program keahlian. 


Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua minggu atau setara dengan 50 JP, di mana setiap sesinya akan berlangsung selama 45 menit. Strategi diklat menggunakan polaa syncrounous dan asyncrounous masing-masing 25 JP per minggu. Materi pelatihan sendiri akan dibagi tiga materi meliputi materi umum, materi pokok, dan materi penunjang.


Pelatihan ini ada 10 (sepuluh) judul pelatihan meliputi keahlian konstruksi dan perumahan yaitu penyusunan spesifikasi dan karakteristik pekerjaan konstruksi dan perumahan, desain pemodelan dan informasi bangunan technopreneurship bidang teknologi bangunan, teknik mesin pelatihan yang meliputi technopreneurship bidang manufaktur mesin, teknik pengelasan dan fabrikasi logam technopreneurship bidang peluang usaha, dan bidang keahlian elektronika bidang technopreneurship dan rekayasa elektronika, dan teknik ketenagalistrikan.


Selain itu, pelatihannya lainnya adalah terkait teknik otomotif technopreneurship bidang teknologi otomotif peralatan kerja, K3LH dan pemeliharaan dasar-dasar otomotif, dasar-dasar elektronika hidrolik dan pneumatik, kelas perangkat lunak, dan game bidang technopreneurship bidang teknologi perangkat lunak.


“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi Bapak dan Ibu peserta, khususnya pada dasar-dasar kejuruan di masing-masing program keahlian,” kata Dede. (BBPPMPV BOE/Nanik/Cecep Somantri)