Tampil Stylish Setiap Hari, 5 Tip Memadu-padankan Batik Menurut SMKN 3 Magelang

Tampil Stylish Setiap Hari, 5 Tip Memadu-padankan Batik Menurut SMKN 3 Magelang

Magelang, Ditjen Vokasi – Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan Nonbendawi oleh UNESCO. 


Kini batik semakin digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Batik tidak hanya bisa digunakan saat acara formal, tetapi juga bisa menjadi pilihan stylish untuk dikenakan dalam aktivitas sehari-hari. Buat kamu yang masih belum percaya diri dalam mengenakan batik, berikut ini Yuli Hastuti, guru Konsentrasi Keahlian Tata Busana, SMKN 3 Magelang, Jawa Tengah, akan memberikan lima tip untuk mendapatkan penampilan modis dengan batik. 


  1. Pilih Batik Warna Netral untuk Acara Kasual

Warna-warna netral seperti hitam, putih, atau cokelat memberikan fleksibilitas tinggi dalam memadukan batik dengan berbagai busana lainnya. Batik dengan motif sederhana dan warna yang tidak mencolok sangat cocok untuk kegiatan kasual. Kamu bisa mencoba memadukan batik warna netral dengan celana jeans atau rok sederhana untuk menghasilkan kesan santai tapi tetap modis


  1. Gunakan Aksesoris Minimalis

Batik memiliki motif yang kuat, oleh karena itu kamu bisa menambahkan aksesoris minimalis agar tampilanmu tidak berlebihan. Aksesoris sederhana seperti anting kecil atau gelang tipis sudah cukup untuk melengkapi tampilan batik tanpa mengalihkan perhatian dari keindahan motifnya.


  1. Padukan dengan Jaket/Blazer

Untuk tampil semi-formal, batik bisa dipadukan dengan jaket atau blazer. Tampilan ini cocok untuk kegiatan kantor atau pertemuan profesional. Jaket atau blazer dengan warna senada atau netral bisa membantu menciptakan kesan formal, namun tetap santai.


  1. Gunakan Outer dan Sarung Batik

Batik tidak selalu harus digunakan dalam bentuk kemeja atau blus. Kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan kain batik untuk dibentuk sebagai selendang, sarung, atau outer sehingga bisa menciptakan tampilan yang unik dan menarik. 


  1. Padukan dengan Tas dan Sepatu Kasual

Terakhir, untuk menciptakan tampilan kasual namun tetap stylish, kamu bisa memadukan batik dengan sepatu sneakers dan tas selempang sederhana. Tampilan ini akan memberi kesan santai namun tetap menghasilkan selera mood yang baik. 


Itu dia lima tip memadu-padankan batik agar bisa tampil stylish setiap hari. Bangga menggunakan batik adalah salah satu cara yang efektif untuk melestarikan warisan budaya yang sarat dengan makna ini. Masyarakat global saja bangga pakai batik, masa kamu tidak? Sebagai informasi, tanggal 2 Oktober masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. (Aya/Cecep)