SMK Ini Salurkan Bakat Siswa via ‘Yamaha Sunday Race'

SMK Ini Salurkan Bakat Siswa via ‘Yamaha Sunday Race'

Jakarta, Ditjen Diksi - Siapa kira, dunia racing atau balap sepeda motor kini juga dapat menjadi wadah bagi siswa SMK dalam menyalurkan minat bakatnya. Salah satunya adalah SMK Walang Jaya, Jakarta, yang menyalurkan bakat siswanya di bidang otomotif melalui “Yamaha Sunday Race”.

 

Bukan main, Divisi Balap SMK Walang Jaya yang baru didirikan pada tahun 2018 tersebut telah berhasil meraih juara 3 di tahun perdananya terjun di dunia balap pada tahun 2019. Bahkan, pada tahun yang sama, Tim Balap SMK Walang Jaya juga meraih Juara 1 “Endurace 2019”.

 

Guru sekaligus Manajer Divisi Balap SMK Walang Jaya, Fahri Attamimy, mengatakan bahwa pembentukan Tim Balap SMK Walang Jaya tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para siswa jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) untuk terjun langsung ke lapangan.

 

“Tim balap ini menjadi salah satu divisi di SMK Walang Jaya yang disiapkan untuk melatih bakat yang hobi otomotif, khususnya sepeda motor, karena selaras dengan jurusan di SMK Walang Jaya, yaitu TBSM di divisi balap,” ujar Fahri.

 

Fahri menjelaskan, tim balap tersebut terdiri atas 2 pembalap yang berasal dari pembalap kontrak dan pembalap dari staf SMK Walang Jaya, sementara mekanik berasal dari siswa maupun alumni SMK Walang Jaya. “Para mekanik yang ikut tim balap ini diseleksi dari tiap kelas. Murid terbaik kemudian dilatih dan dipromosikan untuk menjadi mekanik,” terangnya.

 

Bersama Yamaha, Fahri menuturkan bahwa SMK Walang Jaya juga mendirikan kelas industri yang diberi nama Kelas Khusus Yamaha (KKY) guna melahirkan talenta unggul bidang otomotif. Tentunya, kurikulum di dalamnya pun telah disesuaikan dengan industri, dalam hal ini pihak Yamaha.

 

“Karena kita sudah kerja sama dengan Yamaha dan membuat Kelas Khusus Yamaha (KKY), siswa yang akan masuk diseleksi. Kemudian kurikulum disamakan dengan Yamaha, sebagaimana SMK binaan Yamaha,” ungkap Fahri.

 

Tidak hanya itu, Yamaha juga berkontribusi dalam memberikan dukungan soal dana operasional tim balap SMK Walang Jaya. Tidak sia-sia, pada Yamaha Sunday Race 2022, tim balap SMK Walang Jaya turun di dua kelas, yaitu R15 Comm A dan R25 Comm Pro. Keren, bukan? Semoga juara, ya! (Diksi/Tan/AP/NA)