Seni Merawat Kecantikan Kuku: Inilah Tahapan Manikur dan Pedikur Menurut Guru Vokasi

Seni Merawat Kecantikan Kuku: Inilah Tahapan Manikur dan Pedikur Menurut Guru Vokasi

Kudus, Ditjen Vokasi - Kesehatan dan kecantikan tidak hanya tergantung pada wajah, tetapi juga pada kaki dan tangan, yang seringkali dianggap tidak penting. Salah satu cara untuk merawat keindahan tangan dan kaki adalah melalui perawatan manikur dan pedikur. Perawatan ini bukan hanya tentang estetika, tetapi juga menjaga kulit, kuku, dan pikiran.


Tingginya minat pasar terhadap kecantikan pun perlu diimbangi dengan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing. Pendidikan vokasi pun dapat menjadi cara untuk menghadirkan sumber daya manusia (SDM) tersebut. Satuan pendidikan vokasi yaitu SMK memfasilitasi siswa untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang teknik manikur dan pedikur yang tepat. Salah satu SMK yang unggul dalam hal kecantikan adalah SMK PGRI 1 Kudus, Jawa Tengah.


Fitria Nurvitasari selaku Ketua Jurusan Kecantikan dan Spa SMK PGRI 1 Kudus yang sudah bergelut di bidang kecantikan pun mengatakan bahwa materi ini sangat penting dipelajari oleh siswa mengingat kebutuhan tenaga salon yang tinggi.


“Siswa mempelajari ini di kelas XI dengan pengembangan manikur dan pedikur spa. Kami berikan materi pengantar lalu siswa praktik langsung dengan bergantian bersama teman,” ungkap Fitri menjelaskan model pembelajaran materi tersebut. 


Berikut adalah penjelasan mengenai tahapan manikur dan pedikur setelah mempersiapkan alat dan bahan. 


  1. Pembersihan dan Analisis Kuku

Sebagai langkah pertama, lakukanlah pembersihan pada kuku jari, baik jari kaki maupun jari tangan. Gunakanlah cairan pembersih yang lembut dan tak membuat iritasi. Proses ini juga bisa membersihkan kuku dari cat kuku sebelumnya. Setelah itu, terapis kecantikan pun harus melakukan analisis terhadap kaki dan tangan terlebih dahulu. Contohnya, apakah ada kelainan, luka, dan sebagainya.



  1. Memotong Kuku dan Pembentukan Kuku

Tahap berikutnya dan yang tak kalah penting adalah memotong dan merapikan kuku. Kuku dapat dipotong dan dibentuk agar lebih rapi menggunakan gunting khusus kuku. Kamu juga dapat melakukan pijatan lembut di sekitar kuku dan jari-jari untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan stres.


  1. Perendaman

Agar kuku lebih lembut maka penting untuk melakukan perendaman tangan dan kaki menggunakan air hangat. Tambahkan juga sabun ataupun minyak aromaterapi agar semakin nyaman. Selain itu, langkah perendaman ini pun akan memberikan efek relaksasi.



  1. Pembersihan Kutikula

Kuku yang indah dapat terlihat dari kutikula yang sehat. Gunakan penutup kutikula atau krim khusus untuk melembutkan kutikula sebelum menghapusnya dengan hati-hati. Ini menjaga kuku sehat dan melindunginya dari infeksi.


  1. Pemijatan Tangan dan Kaki

Kamu juga dapat melakukan pijatan lembut di sekitar kuku dan jari-jari untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan stres. Pastikan pijatan sesuai dengan keinginan pelanggan agar tidak terlalu kencang ataupun terlalu lambat.


  1. Aplikasikan Cat Kuteks

Langkah yang membuat kuku menjadi cantik dan menarik adalah dengan mengaplikasikan cat kuteks. Aplikasikan cat kuku dengan hati-hati dan satu kali usapan. Setelah itu biarkan cat mengering dan tambahkan juga lapisan pelindung kuku, yaitu top coat. Lapisan ini tidak hanya memberikan kilau ekstra, tetapi juga melindungi warna cat kuku dari tumpahan dan goresan.


Manikur dan pedikur merupakan ritual kecantikan yang tidak hanya memberikan hasil estetis yang indah, tetapi juga memberikan perawatan dan relaksasi pada kuku dan kulit. Melalui pendidikan vokasi bidang tata kecantikan lah perawatan ini dapat dilakukan dengan tepat. (Zia/Cecep)