SBMPN 2020 Resmi Dibuka

Penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN yang dahulu disebut jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), merupakan penerimaan mahasiswa baru calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Jika pada proses seleksi tahun-tahun sebelumnya dilakukan melalui Tes Potensi Akademi/Ujian Tertulis, namun dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka proses seleksi penerimaan tahun 2020 dilakukan melalui penilaian prestasi akademik (nilai raport) dan Non Akademik (ekstra kurikuler/ko kurikuler).

Sistem pelaksanaan SBMPN tahun 2020 hampir sama dengan sistem pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) atau biasa disebut dengan Jalur Undangan. 

Pada proses seleksi ini peserta mendaftar secara online, dengan mengisi data yang ada pada aplikasi. Semua peserta SBMPN 2020 akan diurutkan menurut nilai ujiannya, kemudian dialokasikan pada program studi pilihannya dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebih dahulu.

Jika masih ada tempat di program studi pilihan pertama, ia akan diterima di program studi pilihan pertama.

Jika tempat pada program studi pertama telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan kedua, ia akan diterima di program studi pilihan kedua.

Jika tempat pada program studi pilihan kedua telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan ketiga, ia akan diterima di program studi pilihan ketiga, dan seterusnya.

Jika tempat pada program studi pilihan pertama, kedua dan ketiga telah penuh dengan peserta yang lebih baik dari peserta tersebut, maka ia tidak akan diterima walaupun nilainya masih cukup tinggi.

Kemudian sesuai jadwal penyelenggaraan SBMPN para peserta bisa melihat hasil pengumuman kelulusan. (Misi/Gusap/AS)