Satuan Pendidikan Vokasi Berbagi Praktik Baik di Acara Pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023

Satuan Pendidikan Vokasi Berbagi Praktik Baik di Acara Pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023

Surakarta, Ditjen Vokasi – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Indonesia ke-76, Kementerian Koperasi dan UKM menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dirangkum dalam acara Pameran Hari UMKM Nasional Expo 2023 (12-08-2023). Pada kesempatan ini empat satuan pendidikan vokasi berkesempatan untuk membagikan praktik baiknya kepada pengunjung.


Keempat satuan pendidikan vokasi tersebut adalah LKP Filbert Pemalang, LKP IHS Karanganyar, Politeknik Negeri Jember, dan SMKN 4 Surakarta. Masing-masing satuan pendidikan tersebut menampilkan berbagai produk unggulannya pada pameran ini. Tidak hanya sekadar menampilkan produk saja, tetapi masing-masing satuan pendidikan vokasi yang terlibat ini pun memberikan workshop terkait produk yang mereka bawa.


Ada berbagai macam workshop yang disajikan dalam acara ini antara lain membuat kain batik, membuat pastry, meracik kopi, dan merangkai bunga. Para pengunjung berkesempatan untuk praktik membuat atau meracik salah satu produk unggulan dengan ahlinya. 



Antusias pengunjung cukup tinggi untuk mengikuti workshop yang diberikan oleh satuan pendidikan vokasi. Hal ini dapat terlihat dari jumlah pengunjung yang selalu bertambah di setiap waktunya untuk sekadar menambah ilmu baru. Pengunjung yang mengikuti workshop ini pun tidak hanya berasal dari kota Surakarta saja, tetapi juga dari berbagai macam daerah, seperti Lampung, Medan, Yogyakarta, dan masih banyak lagi.


Digelarnya acara ini tentunya memberikan manfaat bagi banyak pihak. Bagi satuan pendidikan vokasi, acara ini bisa menjadi wadah untuk memperkenalkan produknya kepada khalayak luas.



“Sangat senang ya karena ini menjadi kesempatan untuk menasionalkan dan bahkan menduniakan produk-produk dari kita semua. Selain itu, kita juga bisa berbagi ilmu kepada pengunjung tentang bagaimana membuat makanan yang enak, membuat batik yang bagus, meracik kopi, dan masih banyak lagi. Acara-acara semacam ini perlu dilakukan berkesinambungan agar manfaatnya bisa lebih terasa,” ucap Rendro, Kepala LKP Filbert.


Siswa Jurusan Tata Kecantikan, SMKN 4 Surakarta, Endah Septiana, menuturkan dengan keikutsertaannya dalam acara ini membantu dirinya dalam melatih mental.


“Banyak pengalaman yang kita dapatkan dari acara ini. Saya bisa belajar komunikasi dengan orang luar sehingga kemampuan public speaking saya pun meningkat. Kemampuan ini dapat menjadi bekal untuk saya ke depan,” ucap Endah.



Sementara itu, Annisa Rahma, salah satu pengunjung yang berasal dari Yogyakarta menuturkan bahwa ada banyak hal yang didapatkan dari acara ini. Selain bisa mengetahui berbagai produk UMKM lokal ia juga bisa belajar membuat kue.


“Seneng sih, ngga sia-sia datang ke sini. Kita bisa melihat produk-produk lokal berkualitas dan bisa membelinya juga terus kita juga bisa belajar hal-hal baru. Pastinya saja mendapatkan banyak ilmu apalagi tadi saya ikut workshop membuat wingko babat yang diberikan oleh LKP IHS. Acara kaya gini perlu ditiru oleh lainnya juga, paket komplet ada produk ada proses,” ucap Annisa. (Aya/Cecep)