Poltera Sosialisasi D-2 Fast Track Bersama SMK Mitra

Poltera Sosialisasi D-2 Fast Track Bersama SMK Mitra

Sampang, Ditjen Diksi - Dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai program studi D-2 jalur cepat (fast track), Politeknik Negeri Madura (Poltera) mengadakan sosialisasi kepada seluruh kepala SMK mitra Poltera yang dilaksanakan di Kampus Poltera, Sampang, Jawa Timur (6/7). Kegiatan sosialisasi tersebut dimaksudkan agar dapat memotivasi siswa SMK mitra untuk mendaftar di Poltera.

 

"Saya berharap Bapak/Ibu kepala sekolah yang mewakili di sini untuk dapat berpartisipasi melibatkan siswanya untuk mendaftarkan ke D-2 fast track, khususnya untuk warga Sampang. Jadi, saya harap banyak anak Sampang yang dapat berkuliah di Poltera. Mari, jangan hanya fokus mencari kekurangan, namun kelebihan yang ada kita tingkatkan bersama-sama," ungkap Arman Jaya selaku Direktur Poltera.

 

Dalam kegiatan tersebut, turut disampaikan pemaparan tentang D-2 jalur cepat, D-2 tata operasi dan perawatan mesin listrik, serta D-2 teknik fabrikasi dan pengelasan.

 

Salah satu pemateri, yakni Moh. Syafruddin selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Akademik menyampaikan 10 skills yang dibutuhkan dalam dunia usaha dan industri. "Supaya mahasiswa kita bisa sukses di abad ke-21, mari bersama-sama mengisi dan membangun Poltera. Dalam dunia usaha dan industri, terdapat 10 skills di tahun 2022 yang dibutuhkan, salah satunya kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri dengan lawan bicaranya, mampu menyelesaikan persoalan. Jadi, ada masalah beberapa menit sudah mampu menyimpulkan, serta mampu berkoordinasi dengan orang lain,” ungkapnya,

 

Syafruddin pun berharap agar lulusan Poltera dapat mampu survive. Karena, saat ini banyak anak milenial yang mudah bosan dan sering kali berganti pekerjaan.

 

Usai pemaparan, pada sesi diskusi, Utoyo selaku perwakilan kepala sekolah dari SMKN 1 Pungging, Mojokerto mengungkapkan kebahagiaannya bisa meghadiri acara sosialisasi tersebut. “Saya berharap tahun depan banyak siswa kami yang dapat mendaftar dan diterima di Poltera,” ujarnya.

 

Program D-2 jalur cepat sendiri ditempuh dalam jangka waktu 3 semester, yakni 1 semester diakui sebagai kredit perkuliahan melalui penerapan sistem rekognisi pembelajaran lampau (RPL) saat di SMK, 1 semester di Poltera, dan 2 semester di industri.

 

Sebagai penutup, pada gelaran sosialisasi tersebut dilakukan penandatanganan MoU antara Poltera dengan kepala SMK yang akan menjadi mitra. (Diksi/Poltera/AP/NA)