Polindra Pamerkan Praktik Baik Merdeka Belajar

Polindra Pamerkan Praktik Baik Merdeka Belajar


Indramayu, Ditjen Vokasi - Program Merdeka Belajar telah memberikan dampak nyata bagi transformasi pendidikan di Indonesia, termasuk pendidikan vokasi. Praktik baik dari program Merdeka Belajar pun terus dipamerkan kepada publik, salah satunya melalui pameran bertajuk ‘Merdeka Belajar’ yang digelar oleh Politeknik Negeri Indramayu (Polindra). 

Kegiatan pameran yang dimulai sejak 30 April dan ditutup pada 3 Mei 2024 tersebut menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional di Polindra. Pada pameran tersebut, Polindra menyajikan berbagai praktik baik dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dijalankan oleh Polindra selama ini. 

Kepala Bagian Perencanaan Umum, Rais Faisal Ahyar, menyampaikan bahwa pameran bertajuk ‘Merdeka Belajar’ bertujuan untuk menunjukkan keahlian serta pencapaian-pencapaian Polindra selama ini. 

“Kami ingin masyarakat mengetahui pencapaian-pencapaian yang sudah berhasil diraih oleh Polindra selama ini,” kata Rais.

Menurut  Rais, sebagai sebuah kebijakan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah banyak diaplikasikan atau dilaksanakan di kampus Polindra sebagai upaya untuk mendukung transformasi pendidikan vokasi yang lebih relevan.

“Kami mempunyai kewajiban  mempublikasikan kegiatan-kegiatan, pencapaian serta keterampilan para mahasiswa Polindra sebagai bagian dari praktik baik dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” tambah Rais. 

Selain menjadi bagian dari Hardiknas, pameran yang berlangsung bertepatan dimulainya kegiatan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri juga menjadi ajang sosialisasi  tentang Polindra kepada calon mahasiswa. 

 

Dia berharap, calon mahasiswa yang mengikuti seleksi nasional sekalian melihat pameran Merdeka Belajar ini sehingga mengetahui apa saja kegiatan-kegiatan maupun pencapaian-pencapaian Polindra selama ini.  

“Di Polindra ini para mahasiswa akan mendapatkan sesuai dengan keinginan  serta keahliannya juga keterampilan mahasiswa di bidangnya masing-masing sehingga mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai keahliannya,” pungkasnya 

Satu-satunya di Pulau Jawa

Sementara itu, ribuan peserta mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di Polindra. Polindra menjadi satu-satunya politeknik di Pulau Jawa  yang ditunjuk untuk melaksanakan seleksi UTBK dan SNBT tahun 2024 ini.

Wakil Direktur Bidang Akademik sekaligus penanggung jawab pelaksana UTBK dan SNBT, Badruzzaman,  mengatakan bahwa pelaksanaan UTBK SNBT nasional berjalan lancar dengan baik. Total jumlah peserta mencapai 1.966 Peserta yang berasal dari  berbagai wilayah, bukan hanya dari kabupaten Indramayu saja, tetapi juga diikuti oleh peserta yang berasal dari luar daerah.

“Kegiatan UTBK dan SNBT Nasional dibagi dua sesi per hari, satu sesi peserta berjumlah 240 peserta, dimulai dari tanggal 30 April sampai 5 Mei. Total ada 9 sesi, hari pertama dimulai hari Selasa 30 April dua sesi, kemudian tanggal 2 hari Kamis dua sesi, Hari Jumat dua Sesi, Hari Sabtu dua sesi dan Yang terakhir hari Minggu satu sesi. Untuk kelulusan pengumumannya bisa dilihat di website yang umumkan pada 13 Juni nanti," ucap Badruzzaman. (Polindra/Nan/Cecep)