Polibatam Raih PTN Vokasi Pertama Buka Profesi Insinyur

Polibatam Raih PTN Vokasi Pertama Buka Profesi Insinyur

Batam, Ditjen Vokasi – Angin segar pendidikan vokasi datang dari Polibatam Negeri Batam (Polibatam) yang kini tercatat dapat  membuka program studi program profesi insinyur (PSPPI). Selain itu, PSPPI Polibatam juga menjadi program studi pascasarjana pertama di kampus tersebut.

 

Direktur Polibatam, Uuf Brajawidagda, mengatakan bahwa berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 501/E/O/2022, Polibatam sudah dapat membuka pendidikan profesi insinyur pada semester ganjil 2022/2023. “Polibatam adalah perguruan tinggi negeri (PTN) vokasi pertama mendapatkan amanah ini,” ujarnya.

 

Ketua Program Studi (KPS) PSPPI Polibatam, Rahman Hakim, menambahkan, lulusan sarjana teknik belum boleh praktik keinsinyuran sebelum mendapakan surat tanda registrasi insinyur (STRI). “Praktik keinsinyuran di sini mempunyai makna luas, di antaranya mengerjakan program proyek hingga program pendidikan teknik, baik sektor pemerintah maupun swasta,” ungkapnya. 

 

Saat ini terdapat 27 badan kejuruan (BK) teknik dalam naungan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang berhak mendapatkan STRI. Salah satu cara memperoleh STRI, yakni melalui pendidikan di PSPPI dan telah dinyatakan lulus sertifikasi insinyur profesional. Terlebih, beberapa kementerian bergerak bidang keinsinyuran secara bertahap mulai menginstruksikan seluruh jajarannya yang mempunyai latar belakang pendidikan keinsinyuran wajib memiliki STRI, salah satunya adalah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

 

PSPPI Polibatam sendiri diselenggarakan melalui dua skema, yakni kelas reguler dan kelas rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Kurikulum PSPPI terdiri atas total 24 SKS, baik kelas reguler maupun RPL. Kelas RPL diselenggarakan selama 1 semester (6 bulan) dan kelas reguler dilaksanakan selama 2 semester (1 tahun). Hingga akhirnya, setelah lulus dari PSPPI Polibatam, mahasiswa berhak menyandang gelar insinyur (Ir./Eng.).

Pendaftaran program ini sendiri dibuka mulai 20 Juli 2022 hingga 12 Agustus 2022. Sementara itu, untuk kelas perdananya, direncanakan dibuka 22 Agustus 2022. Nah, untuk lebih jelasnya, silakan mengakses tautan https://registrasi.polibatam.ac.id/.

 

Sebagai informasi, Polibatam yang terletak di Pulau Batam termasuk ke dalam kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas serta merupakan kawasan terdepan dan terluar yang berbatasan langsung dengan perairan internasional. Pada awalnya Polibatam merupakan PTS yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang berasal dari ITB, UNRI, Pemko Batam, dan Otorita Batam. Seiring perkembangannya, pada 18 Oktober 2010, melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan Politeknik Batam secara resmi sebagai politeknik negeri.

 

Sepanjang 2021 lalu, tercatat Polibatam memiliki 6.200 mahasiswa yang tersebar di 18 program studi (prodi). Seiring rencana strategis Polibatam tahun 2020-2024, jumlah ini ditargetkan dapat menggapai 12.300 mahasiswa dengan 30 prodi pada 2025 mendatang. (Diksi/AP/NA)