PENS Berjaya di KRI Nasional 2022

Surabaya, Ditjen Diksi - Tim robotika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali mencatatkan prestasi gemilang di panggung nasional. Setelah pencapaian lima gelar juara pada pergelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah II beberapa waktu lalu, Tim Robot PENS kembali mengukir prestasi pada gelaran serupa. Akan tetapi, kali ini di tingkat nasional. 

 

Pada ajang KRI Tingkat Nasional tahun 2022 yang digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, tersebut, lima tim robot PENS berhasil meraih juara pada sejumlah kategori yang dilombakan. 

 

Kelima tim robot yang berhasil pulang membawa kemenangan tersebut, yakni Tim EILERO yang menyabet Juara 1 dan penghargaan strategi terbaik, serta Tim ERSOW sebagai Juara 2 dan mendapatkan gelar desain terbaik. Sementara itu, Tim ERISA yang merupakan perwakilan untuk KRSTI berhasil memperoleh Juara 2. 

 

Selanjutnya, Tim EROS dan Tim EIRA yang masing-masing berhasil memboyong penghargaan desain terbaik dan Juara 3 pada masing-masing divisi, yakni KRSBI-H dan KRAI.

 

Pengumuman pemenang sendiri dilakukan bersamaan dengan penutupan kejuaraan KRI Nasional 2022 yang digelar di Gedung Robotika ITS.

 

Mengutip laman resmi PENS, Ketua Tim EILERO, Wahyu Agung Dwi Prastyo, mengaku sangat senang atas pencapaian yang diraih tim robotika dari PENS kali ini.“ Kami mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan bimbingan dari seluruh warga PENS,” katanya.

 

Meski memborong banyak piala, namun Agung mengaku masih banyak yang harus dibenahi dari pertandingan yang baru saja mereka lalui ini. “Kami harus terus belajar. Semoga next time kami bisa belajar dari evaluasi pertandingan dan memperbaiki kinerja dari tim agar lebih baik lagi,” ujarnya. 

 

KRI sendiri merupakan kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kontes ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di wilayah Republik Indonesia, dari berbagai K/L atau kedinasan, yang tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

  

Dalam ajang tersebut, setidaknya mempertandingkan 6 (enam) divisi, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

 

Untuk kontes KRI tahun 2022, sebenarnya sudah dimulai sejak April untuk pendaftaran proposal. Sementara itu, pelaksanaan KRI Tingkat Nasional dilakukan pada 29 Juni-3 Juli 2022 secara luring di ITS. (Diksi/Nan/AP/NA)