Pengen Jadi Content Creator? Yuk, Pahami Jenis-jenis Konten yang Bikin Viral

Pengen Jadi Content Creator? Yuk, Pahami Jenis-jenis Konten yang Bikin Viral

Jakarta, Ditjen Vokasi - Seiring berkembangnya teknologi, keterampilan dalam digital marketing semakin besar. Digital marketing atau pemasaran digital juga menjadi salah satu materi dalam program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) serta menjadi bidang kursus di program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek. Untuk itu, tak heran, keterampilan ini menjadi hal yang harus dimiliki oleh sumber daya manusia di Indonesia.


Salah satu ranah digital marketing adalah content marketing dan media sosial. Kedua bidang tersebut sangat berkaitan erat dengan produksi konten. Namun, pasti kamu penasaran kan bagaimana membuat konten yang viral? 


Nah, pahami dulu yuk jenis-jenis konten di bawah ini, apalagi bagi kamu yang pengen jadi Content Creator. Menurut Direktur LKP Argia Academy, Kurniawan Subiantoro, inilah jenis-jenis konten yang disenangi audiens media sosial zaman sekarang.


  1. Konten Edukatif

Konten-konten yang berhubungan dengan edukasi masih menjadi daya tarik audiens media sosial, seperti konten tutorial, fakta dan sejarah, atau konten tips and trick.


Jika kamu ingin membuat konten seperti ini, pastikan konten yang dibuat dapat memancing rasa penasaran penonton ya. Misal dengan menggunakan copywriting dan visual yang menarik.


  1. Konten Hiburan

Pernah lihat akun media sosial yang sering share meme atau video lucu? Nah, itu adalah contoh konten-konten hiburan yang juga disenangi oleh audiens media sosial. Apalagi, jika hiburan yang dibagikan sangat cocok dengan kondisi audiens. Hal tersebut akan membuat peluang viral bertambah.


  1. Konten Inspirasi

Konten yang tak kalah disenangi oleh audiens lainnya adalah konten-konten yang menginspirasi. Membuat konten inspirasi harus memperlihatkan nilai perjuangan, misalnya tokoh yang semangat bersekolah meski memiliki keterbatasan ekonomi. 


Selain mengenali jenis konten, kamu juga harus melakukan riset konten dan konsisten dalam membangun akun media sosialmu. Riset konten sangat diperlukan untuk menentukan arah jenis konten yang akan kamu buat. Konsisten mengunggah konten juga berpengaruh terhadap engagement media sosial. (Zia/Cecep Somantri)