Peduli Pendidikan, Ghozali Hibahkan Alat Motion Capture ke D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro

Peduli Pendidikan, Ghozali Hibahkan Alat Motion Capture ke D-4 Animasi Universitas Dian Nuswantoro

Semarang, Ditjen Vokasi – Pendidikan adalah kunci utama dalam membangun masa depan yang cerah bagi generasi mendatang. Untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi diperlukan upaya kolaboratif dari berbagai pihak yang peduli terhadap perkembangan dunia pendidikan.


Ghozali, alumnus dari Program Studi (Prodi) D-4 Animasi, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, yang sempat viral beberapa waktu yang lalu menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan dunia animasi. Kepeduliannya ini ia tunjukkan dengan menghibahkan alat motion capture berupa rokoko smart suit pro II dan rokoko smart glove ke Prodi D-4 Animasi Udinus.


Alat seharga 56 juta tersebut merupakan produksi dari Negara Jerman. Motion capture merupakan teknologi yang mampu merekam gerakan secara realitstis dari model manusia ke dalam dunia digital dua dimensi maupun tiga dimensi sehingga mampu menghasilkan gerak dari karakter animasi yang lebih realistis.


Ghozali menyampaikan bahwa ia sengaja menghibahkan alat tersebut untuk bisa mengoptimalkan kualitas animasi di Prodi D-4 Animasi, Udinus. Ghozali berharap dengan alat tersebut, para mahasiswa mampu meningkatkan kualitasnya untuk mendalami dunia animasi.


“Dengan alat ini, para mahasiswa dapat membuat animasi yang gerak dan karakternya dan pastinya bisa lebih praktis dan cepat. Apabila dibuat menggunakan cara yang manual itu harus gambar satu persatu jadi memakan waktu lama,” ucap Ghozali.


Dengan alat tersebut, Udinus akan menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki fasilitas ini. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif bagi Prodi D-4 Animasi sehingga memungkinkan mereka untuk menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan siap bersaing di industri animasi yang semkain berkembang.


Sementara itu, Rektor Udinus, Edi Noersasongko, menyampaikan bahwa dengan adanya hibah dari alumnus Prodi D-4 Animasi ini diharapkan karya-karya animasi yang telah dihasilah mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. 


“Terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh para alumni. Hibah ini sangat berguna untuk media pembelajaran mahasiswa di Udinus. Semoga dengan alat ini bisa membuat mahasiswa menjadi lebih produktif karena pembuatan animasi menjadi lebih cepat,” ucap Edi.


Hibah alat ini mencerminkan komitmen Ghozali untuk mendukung pendidikan vokasi di Indonesia. Dengan berbagi keberhasilannya dan memberikan akses ke teknologi canggih kepada generasi muda, Ghozali tidak hanya membantu meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga membuka pintu untuk potensi kreatif yang tak terbatas. (Aya/Cecep)