Mudahkan Lulusan dan DUDI, Polsri Luncurkan Aplikasi Student Softskill Transcript

Mudahkan Lulusan dan DUDI, Polsri Luncurkan Aplikasi Student Softskill Transcript

Palembang, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) meluncurkan aplikasi baru, Student Softskill Transcript (SST). Aplikasi ini membantu memudahkan para mahasiswa saat melamar pekerjaan setelah tamat kuliah. 


Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan di Graha Pendidikan Polsri, Selasa (11-07-2023). Kegiatan peluncuran tersebut sekaligus menjadi sosialisasi dan uji ketangguhan aplikasi Student Softskill Transcript yang dilakukan oleh para mahasiswa. Selain dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir dan para dosen, peluncuran aplikasi SST juga dihadiri langsung oleh Ahmad Zamheri selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Polsri.


Anggota tim pengembangan aplikasi SST yang juga merupakan dosen Polsri, Yunita Fauziah Ahmad, mengatakan bahwa aplikasi SST dapat berfungsi sebagai parameter pengelolaan serta penilaian transkrip untuk aktivitas kemahasiswaan khususnya terkait dengan soft skills mahasiswa.


“Program SST ini nantinya diharapkan dapat menjadi transkrip khusus bagi mahasiswa sebagai rekapitulasi penilaian soft skills mereka selama menempuh perkuliahan,” ujar Yunita.


Menurut Yunita, ide awal pembuatan aplikasi SST tersebut bermula dari banyaknya kunjungan dari dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang sering menanyakan tentang mahasiswa atau alumni yang sedang melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. 




Oleh karena itu, lanjut Yunita, tim pengembangan aplikasi SST yang dipimpin oleh Alan N. Tompunu tersebut kemudian mengembangkan aplikasi tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu memudahkan DUDI dalam proses rekrutmen terhadap pegawai yang berasal dari Polsri.

“Tujuan utama dalam pembuatan aplikasi SST ini yaitu untuk memberikan rekomendasi bagi pihak DUDI dalam melakukan penyeleksian mahasiswa khususnya untuk alumni yang akan bekerja pada perusahaan tersebut,” kata Alan.


Melalui alat ini, DUDI akan memperoleh rekomendasi dari pihak Polsri untuk para alumni atau mahasiswa semester akhir berdasarkan penilaian soft skills yang telah diperoleh mereka selama menjalankan perkuliahan di Polsri. 


“Aplikasi SST ini diharapkan dapat dijadikan transkrip sebagai proses dalam penilaian soft skills,” tambah Alan.


Sementara itu, mahasiswa Jurusan Teknik Komputer Polsri, Muhammad Saeed, mengatakan bahwa aplikasi SST akan sangat membantu dirinya saat melamar pekerjaan nantinya.


“Aplikasi SST ini sangat bermanfaat sekali untuk kami (mahasiswa) untuk melamar pekerjaan nantinya setelah tamat kuliah,” ujar Muhammad Saeed. (Polsri/Nan/Cecep)