Mengenal Lebih Jauh Cake Decoration Bersama SMKN 57 Jakarta

Mengenal Lebih Jauh Cake Decoration Bersama SMKN 57 Jakarta

Jakarta, Ditjen Vokasi – Pernahkah kalian membeli kue tar di toko roti? Kue tar sering hadir di acara peringatan ulang tahun ataupun acara penting lainnya. 


Jenis kue tar yang dijual di toko roti pada umumnya berjenis kue bolu. Meskipun hanya kue bolu biasa, hiasan yang indah menjadikan kue bolu ini terlihat begitu cantik dan menawan. 


Kelihaian para perias kue ini menjadikan banyak konsumen datang untuk memesan kue tar. Tentunya hal ini merupakan peluang yang bagus untuk dijadikan bisnis jangka panjang. Untuk membuat satu cake decoration yang indah diperlukan beberapa bahan, tahapan, dan teknik yang benar. Meskipun terlihat susah di awal, semua ini bisa dipelajari, lo. 


Buat kalian yang ingin tahu cara menghias kue, kali ini Ketua Program Keahlian Tata Boga, SMKN 57 Jakarta, Mega Hadinata, akan membagikan informasi terkait cara menghias kue agar lebih menarik.


  1. Menghias Kue dengan Butter Cream

Cara menghias kue ulang tahun yang pertama ialah dengan menggunakan butter cream. Butter cream merupakan jenis krim yang terbuat dari campuran mentega dan gula pasir. Krim ini sering dijadikan dasar untuk menutupi seluruh permukaan kue sebelum dihias. Tidak hanya digunakan sebagai penutup lapisan saja, butter cream juga bisa dijadikan frosting ataupun untuk membuat hiasan pada kue.


  1. Menghias Kue dengan Wafer Cokelat dan Permen 

Cara ini hampir sama dengan sebelumnya yang membedakan adalah ketika kue sudah tertutup oleh krim kita hanya perlu memasang satu persatu wafer cokelat di bagian samping kue dan selanjutnya kita bisa menaburkan permen cokelat sampai permukaan atas kue tertutup.


  1. Menghias Kue dengan Fondant

Fondant merupakan pasta gula dengan tekstur elastis seperti lilin malam. Saat ini, penggunaan fondant untuk menghias kue sedang marak digunakan. Selain tidak terlalu ribet, kita juga bisa membuat berbagai karakter dengan hanya berbekal pasta gula elastis ini. Kalian bisa mendapatkan fondant di toko yang menjual bahan-bahan kue atau jika kalian memiliki banyak waktu kalian bisa membuatnya sendiri, lo.


Itu dia tiga cara menghias kue yang bisa dipraktikkan di rumah. Buat kalian yang ingin belajar lebih lanjut terkait membuat cake decoration, kalian bisa datang ke acara Vokasifest 2023 di Taman Ismail Marzuki pada tanggal 11—12 Desember 2023. Di acara ini akan ada berbagai workshop dan salah satu workshop nya ialah pembuatan cake decoration dari SMKN 57 Jakarta. Selain itu, di acara ini juga akan ada pasar senggol, talkshow, pameran, dan seni pertunjukan dari insan vokasi. Jangan lupa datang dan ajak kerabat, teman, dan keluarga kalian, ya. (Aya/Cecep)