Kiat Sukses Merintis Bisnis Fesyen Menurut Instruktur LKP Bidang Tata Busana

Kiat Sukses Merintis Bisnis Fesyen Menurut Instruktur LKP Bidang Tata Busana

Bandung, Ditjen Vokasi - Merintis bisnis fesyen bisa menjadi langkah yang menantang.  Bagaimana tidak, persaingan bisnis yang ketat dan perubahan tren yang cepat dapat menjadi hal yang menakutkan. Namun, dengan strategi yang tepat dan dedikasi, mendirikan bisnis fesyen dapat menjadi langkah menuju kesuksesan yang memuaskan.


Salah satu cara bagi kamu yang tertarik dan bermimpi merintis usaha fesyen adalah dengan mengikuti kursus dan pelatihan. Oleh karena itu, pendidikan vokasi melalui lembaga kursus dan pelatihan dapat menjadi strategi yang bisa kamu coba. 


Tak hanya itu, ada beberapa kiat sukses lainnya yang memengaruhi bisnis fesyen kamu bisa berkembang.  Yuffie Kartaatmaja selaku instruktur LKP IFI, Bandung, Jawa Barat membagikan beberapa tipnya. Ia pun sudah berpengalaman di bidang fesyen desain dan tergabung dalam Indonesia Fashion Chamber (IFC). Berikut adalah kiat sukses yang bisa kamu coba.


  1. Memiliki Modal Ilmu

Seperti yang sudah disinggung di atas, dalam membangun bisnis tentu saja kamu perlu memahami ilmunya. Pelajarilah tata busana dan industri fesyen yang berkembang saat ini. Modal di sini bukan hanya uang, tetapi juga kemampuan dan wawasan di bidang tersebut. Seseorang yang memiliki bekal ilmu akan dapat mudah melihat peluang dan jeli di industri fesyen. 


  1. Mengetahui Potensi Diri

Setelah mempunyai modal pengetahuan, ketahuilah potensi diri dengan mengetahui niche pasar atau target pasar kamu. Pastikan kamu sudah mengetahui produk apa yang ingin kamu jual, apakah pakaian kasual, pakaian formal, atau pakaian olahraga. Pilihlah produk fesyen yang sesuai dengan yang bisa kamu lakukan. Menurut Yuffie, mengetahui kelebihan sendiri dapat menjadi kekuatan dan potensi yang bisa ditawarkan serta kelemahan untuk pengembangan sebagai upaya peningkatan kapasitas diri.


  1. Selera yang Mengikuti Zaman

Dengan tren fesyen yang berubah dengan cepat, penting untuk tetap fleksibel dan responsif terhadap perubahan pasar dan tren. Kamu juga harus terus mengamati pasar dan umpan balik pelanggan, dan bersedia untuk mengubah strategi sesuai kebutuhan agar tetap relevan.


  1. Perkuat Networking dan Kemitraan

Seperti bisnis lainnya, bisnis fesyen juga pasti membutuhkan kemitraan yang kuat. Carilah mitra yang memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan merek kamu dan dapat membantu kamu dalam mencapai tujuan bisnis. Pereratlah hubungan dengan pemasok, perancang, dan influencer fesyen dapat membantu kamu memperluas jangkauan dan meningkatkan citra merek fesyen. 


Dengan mengikuti kiat-kiat di atas dan memiliki komitmen yang kuat, kamu  dapat membangun bisnis fesyen yang sukses dan juga berkelanjutan. Pastikan untuk tetap kreatif, inovatif, dan berusaha untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan, ya. (Zia/Cecep)


Sumber foto: freepik.com