Keren, Lulusan Vokasi Kembangkan Wisata di Tanah Laut

Keren, Lulusan Vokasi Kembangkan Wisata di Tanah Laut

Tanah Laut, Ditjen Diksi - Terletak di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Kecamatan Pelaihari menjadi salah satu tempat yang tak asing didengar. Pasalnya, daerah tersebut merupakan salah satu kota tujuan wisata yang didominasi oleh wisata alam, seperti perbukitan, gua, dan pantai.

 

Melihat peluang dan potensi tersebut, Lisda Erlinda, lulusan Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) tahun 2015, turut bergerak mengambli peran dalam mengembangkan potensi wisata yang ada. Lisda yang merupakan alumni Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politala memanfaatkan lahan kosongnya menjadi Taman Permana, yang kini termasuk salah satu obyek wisata yang cukup tersohor di Tanah Laut.

 

“Memang awalnya ini hanya menjadi tempat menggembala sapi yang ada, sekitar 40 sapi. Kemudian ada tamu yang berkunjung lalu berfoto, katanya tempatnya indah. Dari situlah, muncul ide untuk mengembangkan wilayah ini menjadi tempat wisata,” ujar Lisda.

 

Terciptanya Taman Permana ini berangkat dari keresahan Lisda melihat lahan 4 hektare milik keluarganya yang terbengkalai dan hanya digunakan untuk menggembala ternak. Melihat itu sebagai potensi dan dengan semangat berwirausaha yang dimiliki, Lisda berkreasi membangun taman ini dari nol hingga besar seperti sekarang.

 

Direktur Politala, Mufrida Zein, mengungkapkan rasa bangganya atas buah kreativitas dari lulusan Politala yang mampu membaca peluang dan mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya. Taman Permana ini salah satu kebanggaan kami karena merupakan wirausaha yang dikembangkan alumni Politala,” tuturnya.

 

Tidak sendiri, Lisda mengembangkan Taman Permana bersama suaminya. Kini, agrowisata yang terletak di jalur Pantai Takisung yang menawarkan udara sejuk dan hamparan hijau pun semakin berkembang dan diminati wisatawan domestik maupun luar negeri. Beberapa lokasi, bahkan kerap disewa untuk pengambilan foto prawedding hingga tempat menggelar resepsi pernikahan. Selain itu, terdapat pula wahana bermain anak dan beragam spot foto menarik yang menjadi incaran para wisatawan.

 

Selain itu, Taman Permana juga menyediakan lahan untuk pengunjung yang ingin camping beserta peralatannya yang dapat disewa, mulai dari venue hingga matras.

 

Tercatat, beberapa instansi dan perusahaan yang menyewa lahan guna menggelar acara gathering kantor, seperti Bank BRI dan Syihab Grup. (Diksi/JR/Tan/AP/NA)