Jebolan ISBI Antar Angklung ke Pentas Global

Jebolan ISBI Antar Angklung ke Pentas Global

Bandung, Ditjen Diksi -- Bagi masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Barat, musik angklung sudah tidak asing lagi. Alat musik yang terbuat dari rangkaian bambu tersebut dapat mengiringi berbagai jenis musik lain, tak hanya lagu-lagu atau musik Sunda.

 

Tidak heran bila alat musik tradisional khas Jawa Barat ini banyak digemari kalangan, mulai dari anak-anak atau pelajar SD hingga mahasiswa. Bahkan, di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menjadi satu prodi sendiri.

 

Manshur Praditya atau yang lebih akrab disapa Manshur Angklung adalah seorang musisi lulusan Prodi Angklung dan Musik Bambu, ISBI Bandung.

 

Manshur Angklung telah mengeluarkan banyak karya. Pria asal Bandung, Jawa Barat, ini juga memopulerkan angklung dengan musik elektronic dance music (EDM).

 

Manshur sendiri mulai menggeluti alat musik tradisional angklung sejak masih duduk di bangku SMK pada tahun 2009.

 

Manshur Angklung juga dikenal sebagai salah satu pemain angklung yang bisa memainkan berbagai macam genre musik. Kecintaannya pada alat musik tradisional itu telah lahir sejak masih remaja.

 

Saat bersekolah di SMKN 10 Bandung, ia mengambil Jurusan Seni Musik Karawitan Sunda. Ia pun melanjutkan pendidikan seni musik di ISBI Bandung, Jurusan Musik Prodi Angklung dan Musik Bambu.

 

Sejak saat itulah, Manshur Angklung mulai dikenal publik, terutama saat ia berkolaborasi menghasilkan karya dengan musisi terkenal. Ia sempat berkolaborasi dengan Alffy Rev, Ari Irham, Atta Halilintar, Rocket Rockers, dan lainnya.

 

Musisi hebat, seperti Eka Gustiwana dan Alffy Rev, merupakan inspirasi Manshur Angklung dalam menghasilkan berbagai macam karya. Tidak hanya di Indonesia, ia sudah memopulerkan angklung hingga ke berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, dan Cina.

 

Manshur Angklung memang bermimpi untuk menjadi inspirasi banyak anak muda di Indonesia. Ia ingin bisa membawa alat musik tradisional hingga ke internasional.

 

Untuk itu, Manshur Angklung ingin tetap mengubah suatu arrangement dengan memberikan suatu citarasa lokal dalam musik internasional. Manshur Angklung pun bisa membuktikan jika tangan anak bangsa, bisa lahir beragam karya etnik nan berkelas.

 

Tidak hanya dalam karya, Manshur Angklung tampaknya juga selalu memikirkan penampilannya. Ia ingin mendapatkan yang terbaik saat tampil di atas panggung, salah satunya terlihat dari sebuah postingan Instagram Manshur Angklung. Ia tampak menggunakan sebuah jam tangan dari Naviforce untuk menemaninya berkarya sehari-hari. (Diksi/Mya/AP/NA)