Ini Manfaat Kamu Ikut Program Mahasiswa Wirausaha!

Malang, Ditjen Vokasi - Tahukah kamu? Pada dasarnya setiap orang mempunyai jiwa wirausaha, loh. Akan terapi, banyak yang tidak menggalinya sehingga potensi tersebut tidak bisa maksimal. 

 

Oleh karena itulah, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan berbagai program untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut hingga bisa mencetak wirausahawan-wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa vokasi.

 

Salah satunya adalah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang ada di kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema), Malang, Jawa Timur. Program ini menjadi wadah bagi para mahasiswa yang memiliki minat terhadap dunia usaha atau yang sudah memiliki usaha dan mengembangkan usahanya tersebut. 

 

Nah, apa saja manfaat yang bisa dirasakan mahasiswa yang mengikuti program ini? Berikut sejumlah manfaat dari program PMW yang  dibagikan oleh Fadilah Aurelia, salah satu wirausahawan muda yang sudah berhasil meraih berbagai penghargaan di bidang wirausaha dari Polinema. 

 

1. Mengembangkan Skills 

Skill bisnis merupakan hal penting untuk memulai, menjalankan, dan mengelola bisnis yang sukses. Melalui PMW, kamu bisa belajar untuk mengembangkan skills kewirausahaan kalian, semisal membuat produk dan kepandaian melihat peluang.

 

2. Membangun Relasi 

Relasi atau networking memainkan peran yang penting dalam pengembangan usaha. Salah satu manfaat dari menjalin relasi dalam bisnis, yaitu mempermudah kolaborasi untuk mengembangkan bisnis sehingga menjadi lebih kuat. Di PMW, kalian bisa bertemu dengan banyak orang yang memiliki minat dan ketertarikan yang sama dengan dunia bisnis. Ini penting karena bisa saja menjadi pintu untuk berkolaborasi.

 

3. Belajar Hal Baru

Dengan mengikuti PMW, kalian akan diajak untuk mempelajari banyak hal baru yang lebih mendalam, seperti team work atau digital marketing. Kita juga diajarkan untuk berani mengambil keputusan serta menerima segala risiko dari keputusan yang kita ambil, berani untuk gagal, dan mencoba lagi. (Diksi/Nan/AP/NA)