Halau Dampak Buruk Polusi, 3 “Skincare” Dasar Ini Wajib Hukumnya Menurut Guru Tata Kecantikan SMKN 6 Semarang

Halau Dampak Buruk Polusi, 3 “Skincare” Dasar Ini Wajib Hukumnya Menurut Guru Tata Kecantikan SMKN 6 Semarang

Semarang, Ditjen Vokasi - Paparan polusi udara sejak lama disebut-sebut menjadi salah satu penyebab penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu, diperlukan perlindungan untuk menjaga kulit, baik untuk perempuan maupun laki-laki.


Guru sekaligus Ketua Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, SMKN 6 Semarang, Jawa Tengah, Titik Widiarti, mengatakan bahwa dampak buruk dari polusi udara dapat dikurangi dengan memperkuat pertahanan baik dari dalam maupun luar kulit, seperti penggunaan produk skincare untuk merawat kulit dari luar.


“Sementara dari dalam dapat dilakukan dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit,” kata Titik.


Untuk perlindungan dari luar, lanjut Titik, sebaiknya dilakukan dengan menggunakan produk-produk perawatan kulit. Pemakaian produk-produk perawatan kulit ini tidak hanya untuk perempuan saja, tetapi juga untuk kaum adam agar kulit tubuh tetap sehat. 


Ada berbagai produk perawatan wajah yang sejatinya bisa digunakan. Akan tetapi, menurut Titik, setidaknya ada 3 (tiga) produk perawatan wajah yang wajib digunakan untuk melindungi kulit, terutama dari dampak buruk polusi udara. Produk tersebut berupa sabun cuci muka, tabir surya, dan pelembab. 


  1. Sabun Muka

Kulit yang bersih menjadi kunci awal untuk kulit yang sehat. Menurut Titik, untuk membersihkan muka maka diperlukan sabun cuci muka agar kulit senantiasa bersih dari debu dan kotoran serta polusi yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Bagi yang menggunakan riasan wajah, Titik menyarankan untuk melakukan pembersihan ganda, yakni dengan memadukan antara susu pembersih wajah serta sabun cuci muka. 

“Jenis sabun cuci muka atau susu pembersih yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi kulit, apakah normal, berminyak, atau kering agar bisa lebih maksimal,” kata Titik.

 

  1. Tabir Surya

Selain sabun cuci muka, produk perawatan wajah lain yang wajib digunakan ialah tabir surya. Penggunaan tabir surya sangat penting untuk mencegah paparan sinar ultraviolet (UV) A dan UV B yang dapat merusak kulit. Bagi masyarakat di Indonesia yang merupakan negara tropis, pilihan tabir surya dengan minimal SPF 30. 


“Penggunaan tabir surya harus digunakan sebelum keluar rumah dan lakukan aplikasi ulang setiap 3—4 jam untuk memaksimalkan daya perlindungannya,” ujar Titik.


Produk tabir surya tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga sebaiknya menggunakan tabir surya untuk menjaga kulit mereka. Akan tetapi, gunakan produk tabir surya yang memang dirancang khusus untuk anak-anak.


  1. Pelembab 

Produk perawatan wajah lain yang wajib digunakan adalah pelembab. Pelembab digunakan untuk mempertahankan hidrasi kulit. Selain itu, pelembab juga berfungsi menutrisi kulit, melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan dini, serta menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Pelembab perlu digunakan untuk semua tipe kulit, baik kering maupun berminyak. Untuk memilih pelembab, sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. (Nan/Cecep)