Gandeng Pemda Sampang, Poltera Luncurkan Ambulance Boat

Gandeng Pemda Sampang, Poltera Luncurkan Ambulance Boat

Sampang, Ditjen Diksi – Politeknik Negeri Madura (Poltera) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sampang serta PT Blambangan Bahari Shipyard resmi meluncurkan Ambulance Boat buatan mahasiswa vokasi Poltera (25/11). Ambulance Boat tersebut akan dioperasikan sebagai puskesmas keliling (pusling) bagi warga Sampang, khususnya yang berada di wilayah Kepulauan Mandangin.

Direktur Poltera Arman Jaya menyatakan, melalui pembelajaran yang berbasis pada project based learning (PBL), mahasiswa terus mengembangkan kreativitas dan inovasi, salah satunya diwujudkan dengan adanya Ambulance Boat. Terlebih, PBL yang diterapkan kepada mahasiswa Poltera tersebut guna melahirkan lulusan yang dapat menjadi problem solver.

“Poltera tengah mengembangkan metode pembelajaran PBL. Karenanya, kami harus menyiapkan lulusan Poltera yang siap bekerja dan berwirausaha. Jadi, insya Allah lulusan Poltera tidak ingin membebani pemda, tapi mereka sudah bisa melakukan wirausaha sendiri kalau memang tidak ada peluang bekerja. Akan tetapi, mereka juga siap untuk bekerja dengan perusahaan-perusahaan,” jelas Arman.

Sinergi yang dilakukan oleh Poltera dan pemda ini sekaligus membuka peluang bagi mahasiswa vokasi dalam menciptakan inovasi terbaru dan produk-produk nyata yang bermanfaat dan dihilirkan kepada masyarakat. Karenanya, Bupati Sampang Slamet Junaedi turut menyampaikan dukungannya kepada Poltera untuk dapat mengembangkan Ambulance Boat, baik dari segi desain hingga pada tingkat keamanannya.

Slamet menambahkan, dalam pembuatan Ambulance Boat tersebut pihaknya juga melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan. Sehingga, sinergi tersebut mampu menguatkan tekad dalam mewujudkan pusling melalui Ambulance Boat bagi masyarakat Pulau Mandangin.

“Kita punya satu pulau, yang penduduknya satu pulau itu kira-kira 18 ribu, namun kalau mereka biasanya sakit itu harus sewa kapal. Itulah yang membuat pemerintah hadir. Sumber dananya dari APBD dan tentu kerja sama dari berbagai pihak, yaitu ada Dinkes dan Dishub,” ujar Slamet.

Senada dengan Slamet, Arman juga berharap Ambulance Boat dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kepulauan Mandangin. (Diksi/Tan/AP)