Digital Marketing Majukan Kewirausahaan di Era Milenial

Digital Marketing Majukan Kewirausahaan di Era Milenial

Malang, Ditjen Diksi -- Seiring kemajuan dan pemanfaatan internet yang lebih atraktif dan komprehensif di era milenial saat ini, masyarakat dimanjakan untuk melakukan bisnis atau berwirausaha. Masyarakat sangat dimudahkan untuk memasarkan produknya secara luas tanpa batas wilayah.

 

Digital marketing dalam satu dekade terakhir pun berkembang pesat sebagai sarana berbasis teknologi internet yang dapat membantu pengusaha atau wirausahawan menawarkan produknya secara online sehingga lebih menjanjikan dan bisa menghemat biaya dan tenaga.

 

Di sisi lain, profesi digital marketer juga banyak dilirik karena profesi baru ini sangat menjanjikan. Tenaga mereka banyak dibutuhkan oleh perusahaan atau wirausahawan, termasuk wirausahawan muda untuk meningkatkan daya jual produknya lebih optimal.

 

Digital marketing berkutat mulai dari pembuatan konten, pemasangan iklan online, optimasi website, email marketing, relasi dengan media online, hingga menjadi admin media sosial. 

 

"Kehadiran internet di akhir abad ke-20 membuka banyak peluang baru, termasuk di bidang pemasaran yang kemudian melahirkan digital marketing atau internet marketing," jelas Direktur LKP Citra Komputer, Malang, Jawa Timur, Untung.

 

Untung menambahkan, seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. “Salah satunya adalah tren digital marketing," jelasnya.

 

Bisa dikatakan, saat ini jasa digital marketing telah menjadi primadona dalam dunia pemasaran. Para pebisnis bahkan sudah banyak yang meninggalkan bentuk pemasaran konvensional, seperti spanduk, televisi, dan koran, untuk beralih sepenuhnya ke digital marketing.

 

Untung mengatakan, Citra Komputer termasuk kursus yang difasilitasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, mengikuti Program Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (PPKSDM) yang bekerja sama dengan Cyberlabs, Bandung, Jawa Barat.

 

SKL Pemasaran Digital Jenjang 3 KKNI mendapat rekognisi/pengakuan dari dunia usaha dan dunia industri (dudi), dalam hal ini Cyberlabs, bahwa SKL ini layak dijadikan acuan pembelajaran di seluruh Indonesia.

 

Sejalan dengan banyaknya permintaan akan tenaga digital marketing, peserta kursus di LKP Citra Komputer yang mengambil keahlian digital marketing cukup banyak. Namun, Untung tidak merinci berapa banyak pastinya peserta yang mengikuti bidang keahlian digital marketing. (Diksi/Mya/AP/NA)