Cara Membuat Kopi dengan Teknik Vietnam Drip, Bisa Dibuat Sendiri!

Cara Membuat Kopi dengan Teknik Vietnam Drip, Bisa Dibuat Sendiri!

Bandung, Ditjen Vokasi - Bagi pecinta kopi, momen ketika menikmati aroma, menyeduh, dan meminumnya sudah menjadi kepuasan tersendiri, apalagi dengan kopi vietnam drip.


Vietnam drip adalah salah satu teknik menyeduh kopi yang berasal dari Vietnam. Teknik ini juga dikenal dengan nama “phin”, yang berasal dari bahasa Vietnam yang artinya adalah “pembuat kopi”. Teknik vietnam ini dapat menghasilkan kopi yang pekat, aromatik, dan memiliki rasa yang khas.


Nandang Kusnaedi selaku instruktur barista di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sugeng Sejahtera, Bandung, Jawa Barat menyampaikan bahwa vietnam drip adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh barista. Maka dari itu, teknik ini diajarkan di LKP tersebut bersamaan dengan teknik penyeduhan kopi lainnya. 


Nah, bagi Sobat Vokasi yang ingin tahu caranya membuat kopi dengan teknik vietnam drip, berikut adalah penjelasannya menurut Nandang.


  1. Siapkan Bahan dan Alat

Untuk membuat kopi dengan teknik vietnam drip, kamu akan memerlukan bahan-bahan seperti bubuk kopi, air, serta susu/gula jika suka. Selain itu, kamu juga akan memerlukan alat yaitu phin filter/dripper (alat penyaring kopi khas Vietnam), cangkir atau gelas, dan sendok.


  1. Siapkan Air

Langkah pertama dalam menyeduh kopi dengan teknik vietnam drip adalah dengan memanaskan air. Disarankan untuk menggunakan air bersih dan segar agar kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih baik. Kamu bisa memanaskan air menggunakan alat pemanas air atau kompor. Kopi vietnam drip ala LKP Sugeng Sejahtera biasanya menggunakan suhu air 92 derajat celsius.


  1. Letakkan Phin Filter/Dripper

Setelah air panas siap, letakkan phin filter di atas cangkir atau gelas. Kemudian masukkan bubuk kopi ke dalam phin filter sebanyak 1-2 sendok teh. Komposisi bubuk kopi ini tergantung selera ya. Setelah itu, kamu dapat meratakan bubuk kopi dan tekan perlahan dengan sendok.


  1. Siram Air

Setelah bubuk kopi diletakkan di dalam phin filter, siram air panas perlahan ke dalam phin filter/dripper. Nandang menjelaskan bahwa ia menyiram air dengan dua kali. Penuangan (pouring) pertama masukkan air 20 gr terlebih dahulu dengan waktu 20 detik. Setelah itu untuk penuangan kedua masukkan air 100 gr dengan dilakukan secara perlahan. Tunggulah sebentar hingga kopi menyerap air dan mengembang.


  1. Diamkan dan Nikmati

Setelah air habis terserap, diamkan phin filter selama 3—4 menit. Setelah kopi selesai diseduh, kamu pun bisa menambahkan gula jika suka. Dengan begitu, kamu dapat menikmati kopi vietnam yang kaya, aromatik dan memiliki rasa yang khas.


Nah, itulah cara membuat kopi dengan teknik vietnam drip yang super mudah. Kamu dapat menyesuaikan jumlah bubuk kopi, air, dan gula sesuai dengan selera kamu. Selain itu, kamu juga dapat mencoba variasi rasa dengan menambahkan susu atau sirup. (Zia/Cecep)