3 Langkah Menciptakan Ide Video yang Efektif Menurut Praktisi

3 Langkah Menciptakan Ide Video yang Efektif Menurut Praktisi

Jakarta, Ditjen Vokasi – Dalam era digital yang semakin berkembang, konten video menjadi salah satu sarana komunikasi yang efektif. Namun, menciptakan video yang menarik dan efektif tidaklah mudah. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan video yang efektif. 


Untuk menghasilkan video yang menarik dan tepat sasaran salah satunya ditentukan oleh ide yang matang. Taufik Rahman, CEO Primadona Film, narasumber dalam acara Bimbingan Teknis Pengambilan Video Dasar Efektif di Lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2024 yang dilaksanakan di Jakarta, 11 s.d. 12 September 2024, memberikan tiga langkah menciptakan ide video yang efektif. 


  1. Menentukan Tujuan Video

Dalam membuat video yang efektif, kita perlu menentukan tujuan yang kuat dalam pembuatan video. Kita perlu menyusun pesan yang ingin disampaikan dalam video. Pesan yang jelas dan terstruktur akan memudahkan audiens memahami inti dari video tersebut. Kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu untuk menonton video yang terlalu panjang. Oleh karena itu, kita perlu pastikan pesan yang ingin disampaikan bisa dipahami dalam hitungan detik.


  1. Menentukan Audiens

Langkah kedua yang tidak kalah penting menciptakan video yang efektif adalah dengan memahami siapa audiens yang dituju. Ini menjadi penting karena dengan memahami karakteristik audiens, kita dapat menyesuaikan konsep video dengan kebutuhannya. 


  1. Brainstorming dan Pengembangan Ide

Brainstorming dan pengembangan ide merupakan langkah krusial dalam proses pembuatan video. Brainstorming adalah proses kreatif di mana sekelompok orang atau individu spontan menyumbangkan ide-ide untuk menyelesaikan masalah atau menghasilkan konsep baru. Melalui brainstorming, kamu dapat mengeksplorasi berbagai perspektif dan gagasan tanpa batasan sehingga memungkinkan munculnya ide-ide kreatif yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Proses pengembangan ide dari hasil brainstorming ini dapat membantu mengarahkan pembuatan konten video yang lebih terstruktur, relevan, dan menarik. Dengan brainstorming, setiap ide dapat dievaluasi, dipoles, dan disesuaikan dengan audiens serta tujuan video, sehingga menghasilkan karya yang tidak hanya inovatif tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan. 


Itu dia tiga langkah dalam menciptakan ide untuk menghasilkan video yang efektif, menarik, dan tepat sasaran. (Aya/Cecep)