POLNEP DAN PEMDA KABUPATEN SUKAMARA JALIN KERJASAMA

POLNEP DAN PEMDA KABUPATEN SUKAMARA JALIN KERJASAMA

POLNEP DAN PEMDA KABUPATEN SUKAMARA JALIN KERJASAMA

Direktur : PSDKU Kabupaten Sukamara akan Diwujudkan

 

 

Politeknik Negeri Pontianak kini memperluas kerjasama dalam bidang pendidikan vokasi di luar Kalimantan Barat. Hari ini Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muhammad Toasin Asha bersama Bupati Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah H. Windu Subagio tengah melakukan pembicaan rencana mendidikan PSDKP Polnep di Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah. Pertemuan kali ini merupakan pertemuan sebelumnya yang sudah dilakukan beberapa bulan lalu antara Direktur Polnep dengan Bupati Kabupaten Sukamara.

Pembicaraan antara Direktur Politeknik Negeri Pontianak dengan Bupati Kabupaten Sukamara hari ini (Kamis, 28 Januari 2021) ruang rapat Direktur, merupakan tindaklanjut keinginan dari pihak pemerintah Kabupaten Sukamara untuk mendirikan Pendidikan Vokasi. Bupati Sukamara meminta Politeknik Negeri Pontianak untuk Pembina dan sekaligus mengupayakan mendirikan PSDKU di Kabupaten Sukamara. Dan Bupati Sukamara H. Windu Subagio berkeinginan tahun 2021 PSDKU sudah bisa terbentuk dan menerima mahasiswa baru, ujarnya berharap. H. Windu Subagio mengatakan, berdirinya perguruan tinggi vokasi merupakan salah satu upaya untuk memajukan daerahnya. Oleh karena itu, pendirian Perguruan Tinggi Vokasi sangat kami butuhkan untuk memenuhi kebutuhan SDM terampil dan siap kerja, ungkapnya. Program studi yang akan dibuka tentu sesuai dengan kebutuhan daerah Sukamara dan sekitarnya. Secepatnya kami akan bikin Perda untuk pendirian PSDKU Sukamara, sehingga anggaran untuk kegiatan pembelajaran bisa segera disiapkan, ujarnya

Sementara itu, Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muhammad Toasin Asha mengungkapkan, dokumen yang dibutuhkan untuk mendirikan PSDKU Sukamara secepatnya akan diselesaikan oleh tim yang sudah kami bentuk. Namun ditegaskannya, bahwa pembentukan program studi harus mengikuti kampus utama. Dijelaskannya, pendirian PSDKU di Kabupaten Sukarama sedikit berbeda dengan PSDKU atas kerjasama Polnep dengan pemerintah kabupaten lainnya yang ada di Kalimantan Barat. Karena ini lintas propinsi harus ada kerjasama dengan perguruan tinggi swasta yang ada di Sukamara atau sekitarnya. Dan ini akan segera kita lakukan untuk kerjasama tersebut, ungkapnya.

Lebih lanjut Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengatakan bahwa kelengkapan dokumen akan diupayakan waktu dekat sudah terpenuhi. Dia juga menekankan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Sukamara juga mempersiapkan fasilitas gedung dan lainnya untuk proses pembelajaran dan ini sangat penting, ujarnya berharap. Saya bersyukur pemerintah Kabupaten Sukamara sudah siapkan lahan maupun gedung untuk penunjang proses pembelajaran. Jika dokumen sudah selesai, akan segera diusulkan di Kementerian untuk meminta persetujuan dan ijin pembukaan PSDKU Kabupaten Sukamara. Semoga saja dokumen yang dikirim memanuhi syarat pendirian PSDKU Sukamara, ujarnya berharap.

Saat berita ini diturunkan, tim dari pemerintah Kabupaten Sukamara yang dihadiri Kapala Dinas Pendidikan, Bappde, Sek BPKAD, PPK bersama stafnya serta tim dari Politeknik Negeri Pontianak yaitu Pembantu Direktur IV, Ketua Tim penyusunan dokumen PSDKU, Ka. UKHI dan staf pengelola PSDKU masih melakukan pembicaraan secara teknis.

(Erwandi – Pranata Humas Madya)