Kembangkan Produk FnB, Produk Kopi dan Gula SMK Ma’arif Kota Mungkid Siap Dipasarkan

Kembangkan Produk FnB, Produk Kopi dan Gula SMK Ma’arif Kota Mungkid Siap Dipasarkan

Magelang, Ditjen Vokasi – Seiring perkembangan teknologi semakin banyak industri yang bermunculan, salah satunya ialah industri food and beverage (FnB). 


Industri FnB menjadi industri yang banyak diminati oleh pelaku usaha. Selain banyak objek yang bisa dikreasikan dan keuntungan yang menjanjikan, produk FnB pun banyak diburu oleh konsumen. 


Melihat peluang ini, SMK Ma’arif Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melalui Konsentrasi Keahlian Kimia Industri pun menangkap peluang tersebut dengan mengembangkan produk FnB, seperti kopi lokal dari daerah Magelang, Temanggung, dan sekitarnya, serta produk gula jeruk dan gula jahe.


Produk gula jeruk dan gula jahe mungkin terdengar unik di telinga masyarakat umum. Biasanya produk gula yang dipakai adalah gula berbahan dasar tebu atau air nira. Produk inovasi ini menjadi langkah nyata sekolah dalam mengembangkan potensi lokal dan siswa di bidang kewirausahaan sekaligus mendukung kegiatan teaching factory (Tefa) yang bertujuan untuk memperkuat kualitas kompetensi siswa. 


Kepala SMK Ma’arif Kota Mungkid, Ngungun Bayu Santoso, menyampaikan bahwa produk kopi dan gula tersebut merupakan hasil Tefa dari Konsentrasi Keahlian Kimia Industri. Produk tersebut adalah salah satu rangkaian produk yang melengkapi produk research and development (RnD) SMK Ma’arif Kota Mungkid di bidang FnB.


Dalam prosesnya, para siswa tidak hanya diajarkan tentang teknik produksi, tetapi juga manajemen bisnis, branding, hingga pemasaran. Hal ini dilakukan agar mereka memiliki kompetensi yang lengkap ketika nantinya terjun ke dunia kerja atau memulai usaha sendiri.


Produk FnB dari SMK Ma’arif Kota Mungkid ini telah memiliki sertifikasi halal dan memiliki nomor PIRT sehingga aman untuk dikonsumsi. 

“Produk kopi kami memiliki merek ‘Moengkopi’ dan produk gula jeruk serta gula jahe memiliki merek ‘Gendhis’. Untuk merek kopi sendiri telah kami HAKI,” ucap Bayu. 


Sarah Ayu Aryani, guru Konsentrasi Keahlian Kimia Industri, menyampaikan bahwa produk Moengkopi ini merupakan kopi yang dihasilkan dari biji kopi lokal pilihan. Proses pengolahan mulai dari pemilihan biji, roasting, hingga pengemasan dilakukan oleh siswa. 


“Biji kopi lokal yang telah terpilih ini kemudian kami roasting dengan mesin roasting berstandar industri yang dibuat oleh siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Mesin,” ucap Sarah.


Sementara itu, produk Gendhis yang diproduksi oleh SMK Ma’arif Kota Mungkid ini merupakan perpaduan dari gula tebu dan perasan jeruk ataupun sari jahe yang dimasak bersamaan hingga membentuk kristal gula. Gula jeruk dan gula jahe yang dihasilkan oleh SMK Ma’arif Kota Mungkid ini menawarkan rasa yang unik dan cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis makanan dan minuman. Kemudian, residu dari proses pemasakan gula jeruk dan gula jahe ini dimanfaatkan menjadi bahan dasar sabun. 


“Jadi tidak ada sampah yang kita hasilkan karena semuanya pasti berguna dan menghasilkan produk baru. Untuk produk gula ini, sudah PIRT dan bersertifikasi halal,” ucap Sarah.


Produk kopi dan gula dari SMK Ma’arif Kota Mungkid ini telah melewati uji coba pasar dan mendapatkan respons yang positif dari konsumen. Untuk tahap awal, produk ini telah dipasarkan di sekitar melalui kafe SMK Ma’arif Kota Mungkid dan media sosial sekolah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memperluas jangkauan pemasaran ke berbagai daerah di Indonesia.


Bayu menambahkan bahwa kerja sama dengan beberapa mitra lokal juga tengah dijajaki untuk memperkuat jaringan distribusi. Harapannya, produk ini tidak hanya menjadi kebanggaan sekolah, tetapi juga menjadi salah satu produk unggulan lokal yang mampu bersaing di pasar yang lebih luas.


“Kami sangat berharap adanya kolaborasi yang kuat antarpihak, baik itu SMK, pemerintah daerah, ataupun pelaku usaha. Atmosfer kolaborasi harus dibangun agar produk-produk yang dihasilkan anak bangsa bisa tersalurkan dengan maksimal,” ucap Bayu. (Aya/Cecep)