Kolaborasi Kemendikdasmen dan Pemda Akselerasi Terciptanya Pendidikan Bermutu untuk Semua
Samarinda, 23 Februari 2025 - Implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) dapat tercapai dengan baik apabila sinergisitas pemerintah pusat dan daerah juga berjalan dengan optimal. Hal ini yang digarisbawahi oleh Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen) Fajar Riza Ul Haq, dalam kunjungannya ke Kalimantan Timur (Kaltim). Di sana, ia menyempatkan diri berdialog dengan seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kaltim, guna memperkuat pemahaman kebijakan Kemendikdasmen dalam mewujudkan visi Pendidikan Bermutu untuk Semua yang menekankan pemerataan akses terhadap pendidikan berkualitas di seluruh pelosok negeri.
"Kehadiran saya di sini untuk menekankan pentingnya pendidikan yang berkualitas yang dapat diakses oleh setiap individu tanpa diskriminasi," ujar Wamen Fajar di Aula Ki Hajar Dewantara, BPMP Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Jumat (21/2).
Diskusi yang dipandu oleh Kepala BPMP Provinsi Kalimantan, Jarwoko, dihadiri oleh seluruh jajaran UPT di BPMP, Balai Guru Penggerak (BGP), dan Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur. Turut hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Kalimantan Timur, pengawas sekolah dan kepala sekolah.
Pada kesempatan ini, Wamendikasmen menyampaikan pentingnya dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengimplementasikan pendidikan yang bermutu dan inklusif. "Apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, yang telah begitu konsen dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur," tuturnya.
Ia menambahkan agar setiap warga negara, khususnya anak-anak mendapatkan hak atas layanan pendidikan yang berkualitas. "Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat harus memperkuat sinergitas," imbuhnya.
Kepala BPMP Provinsi Kalimantan Timur, menyampaikan kesiapannya untuk bersama-sama menyiapkan layanan pendidikan yang bermutu dan pendidikan untuk semua tanpa ada diskriminasi di satuan pendidikan. “Bahwa karena kita semua di sini sama-sama punya kepentingan untuk mewujudkan satu layanan pendidikan yang bermutu di setiap satuan pendidikan maka mari kita terus memastikan (terciptanya) langkah-langkah strategis yang berdampak luas pada peningkatan mutu pendidikan,” tutup Jarwoko.
Harapan Pemangku Kepentingan di Daerah Terhadap Kebijakan Dikdasmen
Kepala Bidang SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Armin menyampaikan harapannya agar administrasi kepegawaian guru dapat semakin mudah. "Semoga dengan aplikasi e-kinerja administrasi guru tidak lagi menjadi beban," ucapnya.
Berikutnya, Pengawas SMA, Hendro Kuncoro berharap, program Kemendikdasmen dapat berpihak pada guru dan tenaga kependidikan karena sektor pendidikan merupakan investasi jangka panjang dalam mewujudkan generasi emas. "Saya harap, perencanaan dan realisasi anggaran untuk berbagai program pendidikan dapat berjalan," katanya.
Lalu, Pengawas SMA, Gunawan, menyampaikan aspirasi soal peningkatan kompetensi guru. Menurutnya, salah satu indikator kesejahteraan guru adalah memberikan kesempatan pengembangan diri bagi guru. "Semoga Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah bisa mengoptimalkan pengembangan diri guru dengan adanya PPG. Kami mohon PPG ini harus terus dimonitoring siapa saja yang berhak untuk bisa mengikutinya," pesan Gunawan.
Siaran Pers
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Nomor: 85/sipers/A6/II/2025
Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Laman: kemdikbud.go.id
X: x.com/Kemdikdasmen
Instagram: instagram.com/kemendikdasmen
Facebook: facebook.com/kemendikdasmen
YouTube: KEMDIKDASMEN
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Siaran Pers Kemendikdasmen: kemdikbud.go.id/main/blog/category/siaran-pers
#PendidikanBermutuuntukSemua
#KemendikdasmenRamah