JURUSAN TPHP POLNEP GELAR FGD SKEMA SERTIFIKASI NASIONAL

JURUSAN TPHP POLNEP GELAR FGD SKEMA SERTIFIKASI NASIONAL

JURUSAN TPHP POLNEP GELAR FGD SKEMA SERTIFIKASI NASIONAL

 

 

 

Jurusan TPHP Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), Sabtu, 21 November 2020 melaksanakan Focus Group Discussion (FGD).  Program pengembangan Skema Uji Kompetensi bagi lulusan pendidikan vokasi agar selaras dengan permintaan industri, ujar  Ledy Purwandani Ketua Jurusan TPHP.   Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh Politeknik Negeri Lampung, Pendidikan Vokasi UNTAN dan para dosen di dilingkungan Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan dan narasumber dari Mitra Industri PT. Berkah Nabati Nusantara dan Mitra Asosiasi Petani Sawit Nusantara, ungkapnya.

 

Kegiatan FGD ini dibiayai oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha Dunia Industri Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020, melalui program “Pengembangan Penilaian Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi Berstandar Industri”.

 

Lebih lanjut Ledy Purwandani mengungkapkan, kegiatan Focus Group Discussion ini dalam rangka menyusun Skema Sertifikasi Okupasi  Asisten Kebun Kelapa Sawit, yang nantinya akan menjadi acuan LSP P-1 POLNEP dan perguruan tinggi vokasi di Indonesia, dalam melaksanakan sertifikasi kompetensi. Skema tersebut disusun secara tepat guna terbentuknya sistem pendidikan tinggi berjenjang yang memberikan solusi kepada dunia industri sesuai dengan tingkat kompetensinya.

 

Pembantu Direktur I Slamet Tarno yang mewakili Direktur mengungkapkan, bahwa hari ini kita melakukan FGD bersama dengan perguruan tinggi vokasi lainnya dan industri.  Tujuan outputnya adalah menyusun Skema Sertifikasi Nasional, Materi Uji Kompetensi dan Petunjuk Teknis Tempat Uji Kompetensi dengan Mitra Perguruan Tinggi Vokasi, Mitra Industri serta Mitra Asosiasi Profesi. Kemudian dari kegiatan ini nantinya sertifikasi itu bisa dipakai di semua LSP di Politeknik dan PT vokasi lainnya.

 

POLNEP sendiri merupakan satu dari sepuluh perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang dipercaya menyusun skema sertifikasi nasional bidang ekonomi kreatif. Ditargetkan tahun 2021 mendatang seluruh lulusan dari bidang ekonomi kreatif sudah melalui proses sertifikasi dan uji kompetensi. Sehingga pada akhirnya akan mempermudah lulusan memasuki dunia kerja berbekal sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikais Profesi (BNSP), ujarnya menghadiri sambutan.

Jurusan TPHP melaksanakan FGD sebanyak 5 Skema, yang masing-masing dilaksanakan di tempat terpisah dalam satu hari kegiatan, yaitu Skema Operasi Laboratorium KKNI Level 5, Foreman Kelapa Sawati, Askeb, POT dan Skema Manajemen Agribisnis jenjang 6.

(Erwandi – Pranata Humas Madya)