Borong Prestasi, PENS Harumkan Indonesia di Kancah Internasional

Jakarta, Ditjen Diksi – Pandemik yang belum berakhir tidak lantas membuat semangat untuk berkarya dan menghasilkan prestasi dari mahasiswa vokasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sirna. Terbukti, para mahasiswa tersebut berhasil membawa pulang medali emas pada kejuaraan internasional E-NNOVATE 2021. Dalam ajang bergengsi yang melombakan ide-ide inovatif dari seluruh dunia yang dilaksanakan pada Juni 2021 itu, para mahasiswa vokasi Tanah Air berhasil membuktikan kompetensinya berdaya saing global dengan menyabet empat kejuaraan sekaligus. 

Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, pun turut berbangga hati dan menyampaikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa vokasi PENS. “Saya mengucapkan selamat kepada tim mahasiswa dan dosen PENS yang telah berupaya keras mendedikasikan dirinya untuk membawa nama baik Indonesia di kancah dunia melalui kompetisi internasional bergengsi, dan sukses memborong gelar juara,” ujarnya.

Adapun empat prestasi yang diraih oleh mahasiswa PENS, yakni medali emas pada lomba E-NNOVATE 2021, peringkat enam dunia pada Kompetisi Wahana Roket (Cansat Competition), finalis keenam pada Worldskill International Online Mobile Robotics Skill Challenges, serta institusi terbaik ketiga pada National Polytechnic English Olympic (NPEO) 2021 dengan perolehan poin sebesar 279.

Wikan juga menyampaikan pesannya agar PENS dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan prestasi yang telah diraihnya. Tentunya, terwujudnya prestasi tersebut tidak terlepas dari bimbingan dosen serta kerja keras mahasiswa. Karenanya, sinergi dan kolaborasi sangat penting dalam melahirkan inovasi dan kreasi dalam menghasilkan karya. 

“PENS sebagai salah satu kampus vokasi yang telah membuktikan bahwa hari ini vokasi nyata-nyata telah hadir memberikan kontribusi bagi bangsa. Ke depannya, saya yakin akan banyak insan vokasi yang hadir dan muncul terinspirasi dari prestasi untuk ikut berkarya dan mengharumkan nama bangsa,” tambah Wikan.

Sementara itu Direktur Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi Beny Bandanadjaya mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih oleh mahasiswa vokasi PENS pada ajang internasional E-NNOVATE 2021 yang mampu bersaing dengan negara-negara lain yang berasal dari Eropa maupun Asia. 

“Hasil ini membuktikan bahwa mahasiswa vokasi Indonesia memiliki kemampuan yang sangat baik karena dapat bersaing secara global. Mahasiswa kita mampu berkompetisi dengan 16 negara di Eropa dan Asia yang melibatkan 183 partisipan, baik tim maupun individu,” tutur Beny.

Beny pun berharap, prestasi luar biasa yang diraih oleh PENS dapat memotivias mahasiswa vokasi lainnya untuk berlomba meningkatkan prestasi di ajang nasional maupun internasional. Sehingga, produktivitas dalam melahirkan karya inovatif yang dapat membawa kebermanfaatan bagi masyarakat terus berjalan.

“Kami akan terus mendukung penuh semua upaya-upaya meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan vokasi menuju mahasiswa berprestasi yang gemilang,” pungkasnya. (Diksi/Tan/AP)