3 Manfaat Penggunaan Gerabah dalam Kehidupan Sehari-hari Menurut SMKN 2 Jepara

3 Manfaat Penggunaan Gerabah dalam Kehidupan Sehari-hari Menurut SMKN 2 Jepara

Jepara, Ditjen Vokasi – Di tengah gemuruh teknologi dan produk-produk canggih yang membanjiri pasar, gerabah menjadi bentuk kerajinan tangan yang menjadi incaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Gerabah merupakan kerajinan yang paling tua dalam sejarah manusia yang terbuat dari tanah liat dan dibentuk dengan keahlian tangan. Gerabah bukan hanya sebuah produk, tetapi juga simbol warisan budaya yang kaya. Dari dapur hingga ruang tamu dan dari hiasan sederhana hingga karya seni yang memukau, gerabah menawarkan manfaat yang tak lekang oleh waktu dan keindahan yang tak tertandingi. 

Buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam manfaat gerabah, berikut ini adalah tiga manfaat gerabah menurut Kepala Konsentrasi Keahlian Kriya Keramik, SMKN 2 Jepara, Jawa Tengah, Agus Salim.

  1. Perabotan Rumah Tangga

Gerabah digunakan sebagai wadah penyimpanan bahan makanan seperti beras, tepung, dan biji-bijian. Gerabah memiliki berbagai bentuk, ada yang berfungsi sebagai alat memasak seperti wajan dari gerabah dan ada pula gerabah yang berfungsi sebagai alat makan seperti piring dan gelas. Gerabah mampu menyerap dan mendistribusikan panas secara merata, sehingga mengurangi risiko makanan terbakar dan menjaga kandungan nutrisi makanan tetap utuh.


  1. Dekorasi

Gerabah memiliki nilai estetika tinggi yang dapat meningkatkan keindahan interior rumah. Gerabah hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan desain yang unik yang membuatnya menjadi elemen dekorasi yang menarik. Material alami dari gerabah memberikan sentuhan rustic dan tradisional pada dekorasi rumah. Tidak hanya itu, gerabah juga sering digunakan untuk tanaman hias karena memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan menjaga kelembaban tanah.


  1. Pelestarian Warisan Budaya

Gerabah adalah bagian penting dari warisan budaya masyarakat dan penggunaannya membantu menjaga cerita dan tradisi tetap hidup. Selain itu, dengan membeli dan menggunakan produk gerabah sama halnya ikut mendukung pengrajin lokal yang melestarikan teknik-teknik tradisional. Di sebagian daerah di Indonesia, gerabah juga digunakan sebagai sarana ibadah dan pelaksanaan upacara tradisi. 

Itu dia tiga manfaat penggunaan gerabah dalam kehidupan sehari-hari. Perlu kamu ketahui, gerabah adalah pilihan ramah lingkungan yang tepat untuk kehidupan sehari-hari dibandingkan produk berbahan dasar plastik atau bahan sintetis lainnya. (Aya/Cecep)


Sumber foto: freepik