Punya Ikan Hias? Ini Dia 5 Tip Merawat Ikan Hias Menurut SMK Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar

Punya Ikan Hias? Ini Dia 5 Tip Merawat Ikan Hias Menurut SMK Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar

Tulungagung, Ditjen Vokasi – Merawat ikan hias bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan menenangkan. Selain menyenangkan, membudi dayakan ikan hias juga dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan jika dirawat dan dikembangkan dengan benar.


Namun, tahukah kamu bahwa agar tetap sehat dan tampil cantik, ikan hias memerlukan perawatan yang baik dan tepat. Buat kamu yang memiliki ikan hias atau berencana untuk membudi dayakan ikan hias, berikut adalah 5 (lima) cara merawat ikan hias yang efektif menurut guru Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar, SMKN 1 Tulungagung, Jawa Timur, Defi Alfaniah. 


  1. Menjaga Kualitas Air 

Kualitas air adalah faktor utama dalam kesehatan ikan hias. Untuk menjaga kualitas air, kamu perlu memperhatikan sistem penyaringan air. Selain itu, kamu juga perlu mengecek secara rutin parameter air, seperti pH air, suhu, kadar amonia, nitrit, dan nitrat. Gantilah sekitar 10—20% air akuarium setiap minggu untuk mencegah penumpukan zat berbahaya.


  1. Memberi Makanan yang Tepat dan Seimbang

Pemberian makanan yang tepat sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan ikan hias. Oleh karena itu, kamu perlu untuk memberikan makanan sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan. Hindari memberi makan berlebihan. Kamu cukup memberi porsi yang bisa habis dalam waktu 2—3 menit untuk menghindari sisa makanan yang bisa mencemari air. 



  1. Memastikan Suhu Akuarium Stabil

Suhu air yang stabil sangat penting untuk kesehatan ikan hias. Gunakan pemanas air untuk menjaga suhu akuarium tetap stabil sesuai dengan kebutuhan ikan yakni sekitar 24—28 derajat celcius. Pasang termometer untuk memonitor suhu secara real time dan pastikan tidak ada fluktuasi suhu yang ekstrem.


  1. Menjaga Kebersihan Akuarium 

Akuarium yang bersih adalah kunci untuk kesehatan ikan hias. Bersihkan kaca akuarium secara rutin dari alga dengan menggunakan alat pembersih yang tepat. Bersihkan filter secara berkala agar sistem penyaringan tetap berfungsi dengan baik dan tidak tersumbat. Apabila kamu menggunakan dekorasi seperti batu atau tanaman buatan, pastikan kamu membersihkannya secara berkala untuk mencegah penumpukan kotoran.


  1. Memeriksa Kesehatan Ikan secara Berkala

Pemantauan kesehatan ikan secara rutin adalah hal penting karena berguna untuk mendeteksi masalah sejak dini. Sebelum memasukkan ikan baru ke dalam akuarium utama, karantina terlebih dahulu selama 2—3 minggu untuk memastikan ikan tersebut tidak membawa penyakit. Perhatikan perilaku ikan setiap hari. Ikan yang sehat akan aktif dan memiliki nafsu makan yang baik. Periksa secara visual kondisi fisik ikan, termasuk warna, sirip, dan sisik. Perubahan warna, bintik putih, atau luka bisa menjadi tanda penyakit. 


Dengan mengikuti lima langkah perawatan tersebut, ikan hias kamu akan tetap sehat dan tampil cantik. Merawat ikan hias memang membutuhkan perhatian dan dedikasi. Hasilnya akan sepadan dengan keindahan dan ketenangan yang ditawarkan akuarium di rumah kamu, selamat mencoba. (Aya/Cecep)


Sumber foto: pinterest