Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Yuks, Intip ‘Dluwang Endah' Karya Mahasiswa SV UGM!

21 September 2022 16:29:00Kategori : Berita  
Yuks, Intip ‘Dluwang Endah' Karya Mahasiswa SV UGM!
Yuks, Intip ‘Dluwang Endah' Karya Mahasiswa SV UGM!

Yogyakarta, Ditjen Vokasi – Seni menggulung kertas atau quilling paper sejatinya sudah mulai dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dan menjadi salah satu kerajinan tangan yang banyak digemari oleh para putri raja. Nah, memanfaatkan limbah kertas dan karton yang berlimpah di masyarakat, sejumlah mahasiswa Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada (SV UGM) berkreasi dengan seni kerajinan tangan ini untuk menjadikannya produk suvenir dan produk hampers yang bernilai seni tinggi dan bernilai jual.


Hasil karya inovasi quilling paper yang diberi nama Dluwang Endah ini diinisiasi oleh tim Dluwang Endah dari SV UGM. Tim Dluwang Endah ini terdiri atas Aisyah Yustikaningtyas Harnadi, Kayoselba Kustanto, Fidya Sekar Kinanti, Aveenda Zhafira Yasmin, dan Praditya Hanung Pratama. Ide mereka digagas dari banyaknya limbah kertas atau karton di Indonesia, yakni hampir 12,2 persen dari total keseluruhan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.


"Prinsip kami pada dasarnya adalah mengolah limbah kertas dengan konsep recycle atau mengolah kembali limbah (daur ulang) menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat, yaitu kerajinan quilling paper," kata Aisyah Yustikaningtyas Harnadi sebagaimana dikutip dari laman SV UGM.


Menurut Aisyah, Dluwang Endah merupakan produk yang ramah lingkungan karena memanfaatkan barang bekas yang diolah menjadi barang baru. Dluwang Endah juga mampu memberikan solusi bagi pemanfaatan limbah kertas dan karton di masyarakat yang kerap dibuang begitu saja, tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu.

 

Masih menurut Aisyah, saat ini Dluwang Endah memiliki 2 produk utama, yakni suvenir dan hampers. Untuk suvenir dijual dengan harga Rp20 ribu, yang terdiri atas gantungan kunci, bros/pin, dan anting-anting. Hampers Dluwang Endah dijual seharga Rp100 ribu, yang berisikan hiasan dinding kreasi quilling paper sebagai dekorasi pemanis ruangan dan juga terdapat bonus suvenir.


Baik produk Dluwang Endah berupa suvenir maupun hampers, menurut Aisyah, kedua produk tersebut dapat dipesan atau dibentuk sesuai dengan permintaan konsumen. Selain indah dan cantik, sebagai suvenir ataupun hampers, nilai tambah lain dari Dluwang Endah sebagai suvenir ataupun hampers juga merupakan produk yang ramah lingkungan sehingga sangat menarik dan bisa dijadikan sebagai opsi atau pilihan untuk memberikan hadiah suvenir atau hampers kepada orang spesial pada saat momen spesial. (Diksi/Nan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.