Yuk, Intip Cara Buat Bakso dari Kulit Buah Naga!

Surabaya, Ditjen Diksi – Pemerintah diketahui terus mendorong satuan pendidikan vokasi untuk terus berinovasi. Salah satu kabar baik datang dari Akademi Kuliner dan Patiseri Ottimmo International di Surabaya, Jawa Timur, yang melakukan inovasi melalui penelitian tentang bakso yang sangat baik untuk kesehatan. Apa inovasinya? Wow, mereka membuat bakso yang terbuat dari kulit buah naga! 

Bakso merupakan makanan favorit orang Indonesia karena selain harganya yang cukup terjangkau, rasanya juga enak. Secara umum bakso adalah makanan berkuah yang terbuat dari daging olahan yang dicampur dengan tepung terigu dan dibulatkan, kemudian direbus dalam air mendidih. “Melalui penelitian, tim dosen Ottimmo International membuat terobosan dalam pembuatan bakso berbahan kulit buah naga,” ujar Latifatur Rahma, pengajar Ottimmo International. 

Menurut Rahma, biasanya buah naga hanya dikonsumsi dagingnya. “Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa kulit dari buah naga dapat diolah kembali sehingga menjadi makanan, seperti tepung,” katanya.

Lantas, bagaimana cara mengolahnya? Rahma menjelaskan, pada awal persiapannya dengan mencuci kulit luar buah naga, kemudian dipotong-potong dan digiling atau dihaluskan. Langkah selanjutnya buat campuran daging ayam, jamur tiram, bawang putih, garam, dan merica, giling jadi satu, lalu tambahkan kulit buah naga dan giling lagi hingga tercampur rata. Setelah langkah ini selesai, selanjutnya masak adonan hingga menjadi bakso yaitu dengan cara siapkan panci yang sudah diisi air, lalu masak hingga mendidih. “Setelah itu, bentuk adonan bulat (bentuk bakso), lalu masukkan di dalam air yang telah disiapkan, rebus, setelah mengapung, lalu angkat adonan,” bebernya. 

 

Berdasarkan hasil analisis zat gizi, tambah Rahma, penggunaan kulit buah naga dan jamur tiram dapat menurunkan kadar lemak produk bakso, meskipun kadar karbohidrat masih lebih tinggi daripada bakso tanpa penambahan kulit buah naga dan jamur tiram. Kadar protein bakso dengan penggunaan kulit buah naga dan jamur tiram lebih rendah daripada bakso tanpa penggunaan kulit buah naga dan jamur tiram. “Penambahan kulit buah naga berkontribusi memberikan warna merah terhadap produk bakso dan menurunkan kecerahan produk,” ujarnya. (Diksi/AP/NA)